Tuliskan 10 nama rasul dari 25 rasul yang wajib kita imani secara urut

  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Hubungi Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan Ketentuan

Bola.com, Jakarta - Kita sudah tak asing dengan istilah nabi dan rasul. Satu di antara rukun iman di antaranya adalah beriman kepada nabi dan rasul.

Jumlah nabi sangat banyak, mencapai ratusan ribu. Dalam Hadits sahih riwayat At-Turmuzy disampaikan jumlah nabi keseluruhan dalam Islam ada 124 ribu orang.

Selain itu, ada sekitar 312 orang yang diangkat sebagai rasul. Akan tetapi, umat muslim hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 nabi.

Berdasarkan dari arti katanya, nabi berasal dari kata "Naba" yang berarti "dari tempat yang tinggi". Secara harfiah artinya adalah orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.

Nabi adalah seorang laki-laki yang menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri. Masing-masing nabi dan rasul memiliki riwayat serta ceritanya masing-masing dalam menegakkan ajaran tauhid.

Tentu saja hal ini karena kehendak Allah SWT. Dalam sebuah surah Allah SWT berfirman:

"Kami telah mengutus beberapa utusan sebelum engkau, di antara mereka itu ada yang telah kami ceritakan kepadamu, dan ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu, dan ada pula yang tidak kami ceritakan kepadamu." (Al-Mu’min: 78)

Nah, siapa saja Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah yang wajib diketahui?

Berikut nama-nama nabi yang wajib diketahui oleh umat muslim, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/5/2020).

Ilustrasi (iStock)

1. Nabi Adam As.

Nabi Adam As merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.

2. Nabi Idris As.

Nabi Idris As merupakan keturunan keenam Nabi Adam As, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam.

3. Nabi Nuh As.

Nabi Nuh As diberikan beberapa mukjizat. Satu di antaranya membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.

4. Nabi Hud As.

Nabi Hud As diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala. Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.

5. Nabi Saleh As.

Mukjizat yang diberikan Allah oleh Nabi Sholeh As, yakni seekor unta betina yang lahir dari celah-celah batu.

6. Nabi Ibrahim As.

Nabi Ibrahim atau "Bapak para nabi" memiliki satu di antara mukjizat dari Allah SWT untuk membangun Ka'bah.

7. Nabi Luth As.

Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As. Beliau diutus Allah SWT bagi kaum Sodom dan Gomorrah yang memiliki perilaku seks yang menyimpang.

8. Nabi Ismail As.

Nabi Ismail merupakan putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar. Beliau bersama-sama membangun Ka’bah dengan ayahnya yang saat ini menjadi pusat peribadatan kaum muslim di seluruh dunia.

9. Nabi Ishaq As.

Nabi Ishaq merupakan putra kedua dari Nabi Ibrahim As dan beliau merupakan adik Nabi Ismail As.

10. Nabi Yaqub As.

Nabi Yakub As merupakan anak Nabi Ishaq As. Dalam beberapa riwayat, Nabi Yaqub As digambarkan sebagai sosok yang memiliki karakter yang kuat dan keimanan yang luar biasa.

11. Nabi Yusuf As.

Nabi Yusuf As merupakan anak ke-12 Nabi Yaqub bin Ishaq. Mukjizat yang dimiliki Nabi Yusuf As adalah memiliki kelebihan yang mampu menafsirkan mimpi.

12. Nabi Ayyub As.

Nabi Ayub As bisa dikatakan sebagai satu di antara nabi tersabar yang pernah ada. Kehidupannya penuh kebaikan dan kaya raya.

Allah SWT mengujinya melalui penderitaan panjang dengan penyakit kulit hingga hartanya habis.

13. Nabi Syu’aib As.

Nabi Syuaib As diutus untuk kaum Madyan, namun kaum ini tetap ingkar dan menolak ajakan Nabi Syuaib As untuk menyembah kepada Allah SWT.

14. Nabi Musa As.

Nabi Musa As merupakan saudara Nabi Harun As, yang dilahirkan di Mesir ketika masa pemerintahan Raja Fir’aun. Kisah Beliau paling terkenal adalah ketika tongkat Nabi Musa As mampu membelah lautan ketika dikejar oleh Raja Fir’aun.

15. Nabi Harun As.

Nabi Harun As adalah saudara Nabi Musa As yang membantunya berdakwah untuk mengingatkan Fir’aun. Beliau dikaruniai kemampuan berbahasa yang luar biasa.

16. Nabi Zulkifli As.

Nabi Zulkifli As adalah satu di antara utusan Allah SWT yang terkenal dengan kesabaran serta sifat dermawannya. Nabi Zulkifli As adalah anak satu-satunya dari Nabi Ayyub As yang selamat dari reruntuhan rumah.

17. Nabi Daud As.

Nabi Daud memiliki mukjizat kitab Zabur. Selain itu, beliau juga memiliki kemampuan dapat berkomunikasi dengan burung, memiliki suara merdu dan bisa melunakkan besi dengan tangan kosong.

18. Nabi Sulaiman As.

Satu di antara mukjizat Nabi Sulaiman As adalah bisa bicara dengan binatang.

19. Nabi Ilyas As.

Nabi Ilyas As merupakan utusan Allah SWT bagi kaun Bani Israil yang gemar menyembah patung yang diberi nama Ba’al.

20. Nabi Ilyasa As.

Nabi Ilyas As diutus oleh Allah SWT pada kaum Bani Israil dan Arami supaya mereka mau kembali ke jalan yang benar, yakni di jalan Allah SWT.

21. Nabi Yunus As.

Mukjizat Nabi Yunus As yang terkenal adalah tetap selamat ketika ditelan ikan Paus.

22. Nabi Zakaria As.

Nabi Dzakaria As merupakan keturunan Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

23. Nabi Yahya As.

Nabi Yahya As adalah anak dari Nabi Zakaria As yang lahir ketika usianya sudah sangat tua. Nabi Yahya As adalah seorang manusia yang berprinsip, integritasnya tinggi serta benar-benar menegakkan kebenaran.

24. Nabi Isa As.

Nabi Isa As terlahir dengan mukjizat Allah SWT pada seorang perempuan suci bernama Maryam. Beliau mendapatkan mukjizat kitab Injil dan menjadi nabi dari umat Nasrani.

25. Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir sekaligus penutup. Mukjizat Nabi Muhammad SAW adalah kitab suci Al-Qur'an.

Kitab suci Al-Qur'an sebagai kitab suci yang terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan oleh Allah SWT.

Sumber: Berbagai sumber

tirto.id - Urutan 25 Nabi dalam Islam perlu dipelajari dalam rangka meningkatkan kecintaan kita dan memaknai Rukun Iman keempat. Di dalam Al-Qur’an, nama Nabi dengan riwayatnya masing-masing berjumlah 25 orang. Itulah yang wajib dipercayai dengan pasti.

Mengenalkan 25 nama nabi dan rasul kepada anak-anak bisa dilakukan sejak dini, karena salah satu rukun iman adalah beriman kepada nabi dan rasul.

Advertising

Advertising

Urutan 25 Nabi dalam Islam

Berikut adalah urutan 25 Nabi dan Rasul yang disebut dalam Al Quran:

1. Nabi Adam 'alaihis salam (AS).

2. Nabi Idris AS.

3. Nabi Nuh AS.

4. Nabi Hud AS.

5. Nabi Sholeh AS.

6. Nabi Ibrahim AS.

7. Nabi Luth AS.

8. Nabi Ismail AS.

9. Nabi Ishaq AS.

10. Nabi Ya'kub AS.

11. Nabi Yusuf AS.

12. Nabi Ayub AS.

13. Nabi Syuaib AS.

14. Nabi Musa AS.

15. Nabi Harun AS.

16. Nabi Zulkifli AS.

17. Nabi Daud AS.

18. Nabi Sulaiman AS.

19. Nabi Ilyas AS.

20. Nabi Ilyasa AS.

21. Nabi Yunus AS.

22. Nabi Zakariya AS.

23. Nabi Yahya AS.

24. Nabi Isa AS.

25. Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW)

Beriman kepada Rasul-rasul Allah SWT merupakan rukun iman yang keempat. Hal tersebut, membawa makna bahwa setiap umat Islam harus mengakui dengan lisan, membenarkan dengan hati, dan mengamalkan dengan perbuatan jika Allah SWT benar-benar telah mengutus para RasulNya di dunia untuk menyebarkan risalah (tuntunan hidup).

Rasul-rasul Allah SWT yaitu orang-orang yang menerima wahyu Tuhan untuk disampaikan kepada manusia. Seorang Nabi dan Rasul sama-sama mendapatkan wahyu dari Allah SWT. Namun, dalam praktek dakwah atau penyampaian risalahnya, para Rasul Allah SWT ditugaskan untuk menyampaikan kepada umat. Sedangkan, para Nabi tidak memiliki tugas untuk memberitahukan wahyu sebagai tuntunan hidup manusia di dunia.

Beriman kepada para rasul tidak dapat dilepaskan dari keyakinan terhadap kitab-kitab Allah SWT. Hal tersebut disebabkan lantaran rasul merupakan orang yang menyampaikan wahyu dalam bentuk perkataan maupun kitab yang dimukjizatkan kepadanya. Hikmah Beriman Kepada Para Rasul Allah SWT

Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk beriman kepada para RasulNya, tentu memiliki makna yang penting. Salah satu hal penting tersebut disampaikan oleh Allah SWT dalam kitabnya sebagai berikut:

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (QS Al-Ahzab {33}:21)

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti oleh Kemendikbud (2017:114), beriman kepada para Rasul Allah SWT akan memberikan manfaat dan hikmah kepada umat Islam. Beberapa manfaat dan hikmah yang akan didapatkan sebagai berikut:

1. Menyempurnakan rukun iman yang keempat

2. Menjadikan kisah para Rasul sebagai suri teladan yang baik dalam hidup

3. Termotivasi untuk melakukan perilaku sosial yang baik dalam masyarakat

4. Tidak akan kehilangan arah dalam contoh manusia yang baik

5. Timbulnya rasa cinta (mahabah) kepada para Rasul dan mulai mencontoh perilaku-perilaku terpujinya

6. Mengetahui hakikat hidup seorang manusia, yaitu untuk taat beribadah kepada Allah SWT

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Az-Zariyat {51}:56)

Baca juga:

  • Rangkuman PAI: Iman Kepada Kitab Allah Rukun Iman Ketiga & Dalilnya

Baca juga artikel terkait AGAMA ISLAM atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - ylk/ylk)

Penulis: Yulaika Ramadhani Editor: Addi M Idhom