Sifat benda cair bentuknya titik-titik volumenya titik-titik

Pernahkah anak-anak melihat balok mainan? Kenapa ya meskipun kecil balok tersebut terasa berat ketika diangkat, berbeda dengan balon yang ukurannya lebih besar.

Atau anak-anak pastinya pernah memindahkan air bukan. Mengapa ya air selalu berubah bentuk ketika dipindahkan. Di dalam gayung, air berbentuk seperti gayung, namun ketika di dalam gelas, bentuk air berubah menyesuaikan bentuk gelas.

Berbeda sekali dengan penghapus yang bentuknya tetap.

Hal-hal tersebut disebabkan oleh perbedaan sifat yang dimiliki benda. Pada umumnya, benda dapat berwujud padat, cair, atau gas. Ketiganya memiliki perbedaan sifat dan ciri yang mencolok.

Benda berwujud pada dikenal sebagai benda padat, benda berwujud cair disebut benda cair, dan benda yang wujudnyaterlihat tetapi dapat dirasakan keberadaannya disebut benda gas.

Untuk anak-anak kelas 3 SD, yuk kita berkenalan lebih lanjut dengan ketiga jenis benda ini di Popmama.com, berikut ini.

1. Benda padat

Pixabay/MabelAmber

Pertama-tama, kita kenalan dulu dengan benda yang paling sering kita jumpai, yaitu benda padat. Benda padat merupakan benda yang memiliki kekerasan, bentuk, dan ukuran yang tidak dapat diubah.

Ciri-ciri benda padat ialah sebagai berikut:

  1. Bentuk dan besarnya tetap.
  2. Menempati ruangan.
  3. Mempunyai massa atau berat.
  4. Memiliki volume tetap.
  5. Memiliki kekerasan tertentu.
  6. Ukuran dan warna tidak dapat diubah.

Ukuran benda tidka dapat berubah dengan sendirinya. Namun mereka dapat diubah dengan sengaja, misalnya dengancara dipotong, disobek, ataudipanaskan.

Benda padat merupakan jenis benda yang paling banyak di sekitar kita. Contoh benda padat ada bermacam-macam, seperti kayu, boneka, keramik, batu, kaca, dan lainnya.

2. Benda cair

Freepik

Beralih dari benda padat, sekarang kita akan membahas benda cair. Benda cair memiliki sifat berubah-ubah sesuai dengan wadah yang ditempatinya.Air yang berada di dalam baskom akan berbentuk baskom, berbeda ketika air berada di dalam gelas atau botol.

Sifat lain benda cair ialah kemampuan mengalir. Semua benda cair dapat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempatyang rendah akibat pengaruh gravitasi.

Benda cair memiliki ciri sebagai berikut:

  1. Bentuknya dapat berubah mengikutiwadahnya.
  2. Mempunyai massa.
  3. Permukaan benda cair yang tenang akan selalu datar
  4. Dapat melarutkan suatu zat tertentu

Beberapa contoh benda cair ialah minyak, air minum, jus, susu, dan lain sebagainya.

  1. 5 Manfaat Belajar Banyak Bahasa bagi Kehidupan Anak
  2. 7 Kegiatan Bonding Papa dan Anak saat Liburan Sekolah
  3. Liburan Bersama Anak, 11 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Solo

3. Benda gas

Pixabay/Pixource

Dari antara dua jenis benda sebelumnya, gas dikenal sebagai benda yang asing karena tidak terlihat dan tidak dapat disentuh. Benda gas sebenarnya dapat dirasakan bahkan dicium baunya. Seperti benda cair, benda gas memiliki sifat menempati ruang.

Ada pula ciri benda gas seperti berikut:

  1. Dapat mengisi ruang.
  2. Berubah bentuk.
  3. Menekan ke segala arah.
  4. Bergerak ke segala arah.
  5. Volumenya berubah-ubah karena gas dapat memulai (MH).

Meskipun tidak terlihat, benda gas sebenarnya ada di sekitar kita lho. Mulai dari udara yang biasa kita hidup, gas yang Mama gunakan untuk memasaka, sampai gas yang terdapat di dalam balon hingga dapat terbang dan mengembang.

4. Perubahan wujud benda

Freepik/Racool_studio

Benda padat, cair, dan gas dapat berubah wujud menjadi satu sama lain. Benda yang tadinya berwujud cair dapat berubah menjadi gas ataupun padat, ini disebut sebagai perubahan wujud benda. Berikut adalah beberapa perubahan wujud benda beserta contohnya:

  • Mencair. Mencair merupakan perubahan benda padat menjadi cair.Ini terjadi pada benda es batu yang berubah menjadi air ketika terkena panas.
  • Membeku. Membeku merupakan perubahanbenda cair menjadi benda padat. Peristiwa ini terjadi pada air yang membeku berubah menjadi benda padat.
  • Menguap. Menguap ialahperistiwa berubahnya zat cair menjadi gas. Contohnya seperti air yang dipanaskan akan berubah menjadi uap.
  • Mengembun. Mengembun ialah peristiwa perubahan wujud gas mejadi cair. Peristiwa ini dapat kamu lihat pada embun yang terjadi di pagi hari.
  • Menyublim. Menyublimadalahperistiwa perubahan bendapadat menjadi gas. Peristiwa ini terjadi padakapur barus.
  • Mengkristal. Mengkristalmerupakan peristiwa perubahan benda gas menjadi benda padat. Proses ini terjadi padaperubahanuap airmenjadisalju.

Ternyata benda-benda di sekitar kita unik sekali ya. Menarik mempelajari bagaimana benda memiliki sifat dan mampu berubah satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Bacajuga:

  • Fungsi Organ Pencernaan dalam Tubuh, Materi Kelas 5 SD Tema 3
  • Belajar Menghitung Pecahan Campuran dengan Contoh Soal, Materi 4 SD
  • Apa Itu Alat Musik Ritmis? Materi Kelas 3 SD

Ilustrasi menuangkan cairan dari gelas (Pixabay)

Bobo.id - Di sekitar kita ada benda padat, cair, dan gas. Ketiga jenis benda ini memiliki ciri dan sifat yang berbeda, lo.

Tiga Jenis Kelompok Benda

Benda-benda di sekeliling kita ada banyak sekali macamnya. Ada yang asalnya dari makhluk hidup, ada yang buatan manusia. Fungsinya pun berbagai macam.

Nah, berdasarkan bentuk, sifat, serta penyusun partikelnya, seluruh benda di sekitar kita ini bisa dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu benda padat, benda cair, serta benda gas.

Membedakan benda-benda di sekitar kita ke dalam tiga kelompok itu memang bukan hal yang sulit.

Hanya dengan melihat, kita sudah bisa tahu bahwa air minum merupakan benda cair dan sebuah buku adalah benda padat.

Namun, bagaimana sifat setiap kelompok benda itu? Yuk, cari tahu mengenai benda-benda di sekitar kita dengan lebih mendalam!

Baca Juga: Mengenal Sifat-Sifat Magnet, Benda yang Bisa Menarik Benda lain!

Benda Padat

Ada banyak sekali benda padat di sekitar kita. Faktanya, kita menggunakan amat banyak benda padat untuk membantu hidup kita. Salah satu contohnya adalah alat tulis yang kita gunakan di sekolah.

Benda padat adalah jenis benda yang partikel penyusunnya sangat rapat dan teratur. Selain itu, gaya tarik antar partikel pada benda padat sangat kuat. Karena itulah, benda padat punya bentuk yang solid dan tetap.

Namun demikian, tidak semua benda padat bersifat keras, kaku, dan berat.


Page 2

Ilustrasi menuangkan cairan dari gelas (Pixabay)

Ada benda padat yang keras, namun ringan seperti kapas dan batu apung. Ada pula benda padat yang lunak dan lentur seperti busa dan karet.

Bentuk benda padat tidak bergantung pada wadahnya dan tidak akan berubah-ubah ketika dipindahkan.

Bahkan, karena bentuknya yang solid dan tetap, benda padat justru dimanfaatkan sebagai wadah untuk jenis benda lain, yaitu benda cair dan benda gas. 

Benda padat punya massa dan volume yang tetap. Namun, massa dan volume benda padat bisa diubah dengan cara tertentu, misalnya dipotong. Biasanya, perubahan massa dan volume ini juga akan diikuti dengan perubahan bentuk.

Baca Juga: Tanpa Mengetahui Suhunya, Air Dingin dan Air Panas Ternyata Bisa Dibedakan dari Suara, Bagaimana Caranya?

Benda Cair

Apa saja benda cair yang ada di sekitar teman-teman? Ada air minum, susu, sekaleng cat, minyak, dan tentu masih banyak lagi.

Salah satu ciri utama dari benda cair adalah bentuknya tidak tetap. Bentuk benda cair selalu berubah-ubah mengikuti wadahnya.

Contohnya, air akan berbentuk seperti mangkuk jika kita pindahkan ke mangkuk dan berbentuk seperti botol jika kita pindahkan ke dalam botol.

Namun, volume atau jumlah benda cair tidak berubah meski wadahnya bisa kita ubah-ubah.

Selain itu, benda cair juga punya massa. O iya, benda cair juga menekan ke segala arah. Makanya, kita bisa melihat air menetes dari pipa bocor yang terus dialiri air.

Benda cair juga mengalir dari tempat yang tekanannya lebih tinggi ke tempat yang tekanannya lebih rendah.


Page 3

Ilustrasi menuangkan cairan dari gelas (Pixabay)

Kita bisa melihat ini pada air terjun, sungai yang mengalir dari gunung ke laut, bahkan air yang dialirkan ke kamar mandi dari menara-menara air atau penampungan air.

Benda cair juga memiliki kemampuan untuk meresap melalui sela-sela kecil. Sifat ini dinamakan kapilaritas. Kita bisa melihat contohnya ketika kita menyeka tumpahan air dengan kain atau tisu.

Prinsip ini banyak digunakan dalam kehidupan manusia, contohnya adalah saat membuat lampu minyak dan mewarnai kain.

Benda cair juga selalu menyeimbangkan permukaannya. Di manapun benda cair diletakkan, permukaannya selalu datar. Baik di dalam gelas maupun di laut lepas, permukaannya pasti datar.

O iya, sifat air ini dimanfaatkan manusia untuk membuat waterpass, lo. Waterpass adalah alat yang digunakan untuk memeriksa kemiringan suatu bidang.

Baca Juga: Planet Dalam Terbuat dari Batu dan Planet Luar Terbuat dari Gas, Mengapa Begitu?

Benda Gas

Meskipun tidak terlihat, benda gas ada di sekeliling kita. Yup, oksigen yang kita hirup untuk bernapas adalah salah satu contoh benda gas.

Salah satu sifat benda gas, terdapat di segala tempat. Namun demikian, benda gas juga bisa disimpan dalam sebuah ruang atau wadah. Kita bisa melihat contohnya pada gas LPG dan ban kendaraan yang diisi dengan angin.

O iya, benda gas juga punya massa, lo. Kita bisa menghitung massa benda gas. Seperti pada gas LPG tadi, perbedaan massanya akan terasa ketika gas LPG masih penuh dan sudah habis.


Page 4

Eva Jessica Rabu, 11 November 2020 | 11:00 WIB

Ilustrasi menuangkan cairan dari gelas (Pixabay)

Sifat lain dari benda gas adalah jarak antar partikel benda gas berubah-ubah. Susunan partikel dari benda gas juga tidak teratur dan gerakan antar partikelnya bebas.

Benda gas memiliki tekanan. Sifat ini yang dimanfaatkan untuk membuat sedotan. Ketika kita menyedot air, udara yang ada di dalam sedotan akan berkurang dan menekan air untuk mengikuti arah sedotan itu.

Yang terakhir, benda gas juga bisa memuai. Biasanya benda gas memuai ketika dipanaskan. Contohnya adalah pada balon udara. Ketika api pada balon udara dinyalakan, balon akan mengembang karena terisi gas dan mampu terbang di udara.

Baca Juga: Ini Dia Macam-Macam Perubahan Wujud Benda Cair Beserta Contohnya

-----

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dan pengetahuan seru, langsung saja berlangganan majalah Bobo dan Mombi SD. Tinggal klik di https://www.gridstore.id

Atau teman-teman bisa baca versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di ebooks.gramedia.com


Page 5


Page 6

Pixabay

Ilustrasi menuangkan cairan dari gelas

Bobo.id - Di sekitar kita ada benda padat, cair, dan gas. Ketiga jenis benda ini memiliki ciri dan sifat yang berbeda, lo.

Tiga Jenis Kelompok Benda

Benda-benda di sekeliling kita ada banyak sekali macamnya. Ada yang asalnya dari makhluk hidup, ada yang buatan manusia. Fungsinya pun berbagai macam.

Nah, berdasarkan bentuk, sifat, serta penyusun partikelnya, seluruh benda di sekitar kita ini bisa dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu benda padat, benda cair, serta benda gas.

Membedakan benda-benda di sekitar kita ke dalam tiga kelompok itu memang bukan hal yang sulit.

Hanya dengan melihat, kita sudah bisa tahu bahwa air minum merupakan benda cair dan sebuah buku adalah benda padat.

Namun, bagaimana sifat setiap kelompok benda itu? Yuk, cari tahu mengenai benda-benda di sekitar kita dengan lebih mendalam!

Baca Juga: Mengenal Sifat-Sifat Magnet, Benda yang Bisa Menarik Benda lain!

Benda Padat

Ada banyak sekali benda padat di sekitar kita. Faktanya, kita menggunakan amat banyak benda padat untuk membantu hidup kita. Salah satu contohnya adalah alat tulis yang kita gunakan di sekolah.

Benda padat adalah jenis benda yang partikel penyusunnya sangat rapat dan teratur. Selain itu, gaya tarik antar partikel pada benda padat sangat kuat. Karena itulah, benda padat punya bentuk yang solid dan tetap.

Namun demikian, tidak semua benda padat bersifat keras, kaku, dan berat.