Pertandingan bola voli dinyatakan selesai ketika ada salah satu tim memenangkan 3 game/set!

Peraturan bola voli sebaiknya dipahami terlebih dahulu. Ini hukumnya wajib terutama apabila Anda berniat menjadi atlet profesional. Permainan tersebut juga sama seperti olahraga lainnya yang mempunyai aturan tersendiri.

Ketahui Beberapa Peraturan Bola Voli yang Harus Diketahui

Ada beberapa aturan yang perlu diketahui oleh para pemain. Peraturan ini wajib ditaati sebab jika melanggar, Anda akan dikenai sanksi sesuai dengan kondisinya. Sebelum mengikuti permainan tersebut, ketahui beberapa di antaranya terlebih dahulu.

1. Jumlah Pemain

volleyballadvice.com

Peraturan permainan voli ini minimal 4 orang. Sedangkan jumlah umumnya ialah 6 orang dengan 4 orang sebagai cadangan. Olahraga itu terdiri dari 2 tim yang berlomba memperebutkan skor tertinggi. Jadi, di area lapangan terdapat 12 orang pemain.

Menjelang pertandingan pastikan seluruh anggota dalam keadaan sehat. Jika ternyata pemain tidak sampai 4 jumlahnya, ini merugikan seluruh tim sebab akan dinyatakan kalah secara telak. Untuk itu, keberadaan cadangan itu sangat diperlukan oleh sebuah regu.

2. Jumlah Babak

Setiap cabang olahraga mempunyai ketentuannya masing-masing, salah satunya ialah bola voli. Permainan ini terdiri dari 3 babak. Apabila di ronde satu dan kedua salah satu regu telah memenangkannya, maka tidak perlu mengadakan babak terakhir.

BACA JUGA:  Blocking Bola Voli: Ketahui Pengertian dan Triknya Berikut Ini!

Namun, jika pertandingan di babak pertama dan kedua berakhir seri, maka ronde ketiga perlu dilakukan demi mengetahui pemenangnya. Agar menghemat tenaga, pastikan Anda memenangkan di kedua sesi sehingga tidak perlu melakukan putaran terakhir.

3. Penghitungan Skor

Dalam pertandingan bola voli, suatu tim dikatakan menang apabila mendapatkan 25 poin. Apabila ada selisih angka sebesar 2 poin, maka regu tersebut dinyatakan memenangkan pertandingan. Akan tetapi, jika ternyata keduanya memiliki skor yang sama, secara otomatis dinaikkan 2 poin.

Jadi, permainan bola voli tersebut akan dilanjutkan kembali hingga mencapai selisih 2 angka. Apabila telah ada perbedaannya, maka panitia pun memberitahukan tim mana yang menjadi pemenang. Penghitungan skor ini dilakukan secara transparan karena dilakukan oleh 2 orang, yakni wasit I dan II.

4. Pergantian

commons.wikimedia.org

Pergantian lapangan dalam pertandingan bola voli ini dilakukan ketika sebuah babak telah berakhir. Jadi semisal regu A berada di sebelah kiri  saat ronde pertama, maka di pertandingan selanjutnya tim tersebut akan berpindah ke sisi kanan. Namun, ada sedikit aturan khusus di set terakhir.

Apabila tim Anda memiliki skor rendah dan regu lainnya telah memiliki poin 13, maka bisa mengajukan perpindahan lapangan. Sedangkan pergantian pemain dapat dilakukan kapan saja meskipun pertandingan sedang berlangsung. Aturan ini sangat jauh berbeda dengan sepak bola.

5. Waktu Istirahat

Saat mengikuti pertandingan bola voli, sebaiknya maksimalkan performa Anda karena waktu istirahatnya hanya sebentar yakni 1 menit di setiap babaknya. Durasinya tidak lama sehingga diharapkan memanfaatkannya dengan baik. Jadi, apabila ditotal selama 3 babak maka jumlahnya 3 menit.

BACA JUGA:  Istilah-Istilah dalam Bola Voli yang Wajib Dipahami

Ketika waktu istirahat, pastikan Anda mengkonsumsi air sehingga tidak dehidrasi saat berada di tengah lapangan. Pemberian waktu tersebut dapat mengistirahatkan sejenak badan dan mengatur strategi dengan teman seregu. Itulah salah satu peraturan bola voli yang harus diketahui.

6. Bola Keluar

Peraturan pertandingan voli cukup ketat, salah satunya ialah bola akan dianggap out apabila setelah dicek ternyata keluar dari lapangan. Selain itu, apabila menyentuh permukaannya pun dianggap keluar. Ini terkadang terjadi ketika pemain melakukan servis atau melakukan penyerangan ke tim lawan.

Apabila bola keluar menyentuh permukaan lapangan saat pemain berusaha membalas, maka akan memberikan poin ke lawan secara otomatis. Jika bertugas sebagai server atau smasher, berhati-hatilah karena peluang out sangat banyak.

7. Servis

Servis dilakukan oleh server yang telah ditunjuk oleh tim seregu. Ketika itu dilakukan, seluruh pemain harus ada di lapangan. Ini merupakan kewajiban dalam pertandingan voli. Bila Anda bertugas melakukannya, maka pastikan bola menyeberangi net.

Jika saat melakukan servis bola gagal memasuki area lapangan lawan, maka pihak regu musuh secara otomatis mendapatkan poin. Selain itu, saat berada di arena pertandingan, jangan sekali-kali menyentuh net karena itu ialah sebuah pelanggaran. Jagalah tangan atau tubuh agar tidak terlalu dekat dengannya.

8. Penundaan

Penundaan durasi untuk penggantian pemain utama ke cadangan tidak diperbolehkan. Namun, apabila Anda juga mengikuti perlombaan lainnya di waktu yang sama, maka wasit akan menunda untuk  beberapa saat. Itu merupakan kondisi khusus bagi atlet multitalenta.

BACA JUGA:  Teknik Dasar Bola Voli yang Perlu Kamu Ketahui

Jika Anda seorang atlet, sebaiknya informasikan hal itu kepada wasit sebelumnya supaya pertandingan dapat dijeda selama beberapa waktu ketika waktu perpindahan tiba. Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk beristirahat sejenak membersihkan keringat yang membasahi badan dan juga seragam voli. Selain itu, utarakan rencana tersebut pada teman satu tim agar tetap terjaga kekompakannya.

Jika Anda Berada dalam Pertandingan Bola Voli

Ketika melakukan pertandingan bola voli, sebaiknya Anda mengetahui serta mengingat apa saja yang boleh dilakukan serta pelanggaran-pelanggarannya. Apabila ini dilakukan, dijamin perlombaan berjalan lancar. Alhasil, potensi memenangkan lomba akan semakin besar.

Saat mengikuti lomba bola voli, sebaiknya hindari net karena jika Anda menyentuhnya sebanyak 2 kali, akan dijatuhi double fault. Apabila ini terjadi, maka otomatis merugikan teman satu tim. Selain itu, pastikan melakukan servis dengan baik. Jangan sampai out sebab itu memberikan poin pada lawan.

Sebenarnya peraturan pertandingan voli tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengingat apa saja yang diperbolehkan dan larangannya. Pastikan memahaminya dengan baik agar mampu memenangkan perlombaan.

Itulah beberapa peraturan bola voli yang sebaiknya diketahui. Jangan sekali-kali melanggarnya karena ini akan memberikan kerugian bagi teman satu tim.

OLAHRAGA voli menupakan salah satu olahraga populer di dunia. Olahraga yang mengandalkan kecepayan, postur tubuh, daya tahan, dan kekuatan pukulan itu diciptakan oleh William George Morgan pada 8 Februari 1895.

Permainan bola voli ditentukan oleh skor. Sebuah tim dinyatakan menang dalam satu set pertandingan jika sudah lebih dulu mengemas 25 poin dengan selisih 2 angka. Dalam pertandingan 3 babak, jika masing-masing tim berhasil mengamankan satu set, maka digelar babak tambahan.

Setiap tim bola voli memiliki 6 pemain yang berada dalam lapangan dengan formasi tiga pemain berada di bawah net, dan tiga lainnya menjaga barisan pertahanan.

Baca juga : Tim Voli Putri Jatim Kembali Raih Juara Kejurnas Junior

Teknik Dasar Voli

Teknik paling dasar dalam olahraga voli yakni passing atau mengoper. Biasanya pemain menerima bola dari server dan mengopernya ke playmaker. Kedua, setter adalah playmaker di bola voli. Mereka mempersiapkan bola sehingga ditempatkan dengan baik bagi penyerang untuk menembak dan mencetak satu poin untuk tim .

Selanjutnya ialah spike adalah salah satu gerakan paling mengesankan dalam game. Spike biasanya terjadi saat pemain berlari, melompat, dan memukul bola melewati net dengan ayunan yang kuat. Biasanya ini adalah langkah untuk penyerang atau penembak, karena pukulan besar ini biasanya memenangkan poin.

Block adalah gerakan defensif yang digunakan di net. Ketika penyerang bergerak untuk menembak, maksimal tiga pemain di tim lain mendekati jaring dan melompat tepat setelah penyerang dengan tangan terangkat.

Dan terakhir ialah Digging yakni saat bola mengarah ke lantai setelah serangan, bek dari baris belakang dapat berlari atau menukik ke depan untuk membenturkan bola kembali ke atas dan meneruskannya ke anggota tim lain.

Baca juga: Mengenal Permainan Sepak Bola Olahraga Terpopuler di Dunia

Ukuran Lapangan dan Tinggi Net Permainan Bola Voli

Untuk ukuran lapangan voli memiliki 18 x 9 meter yang dibelah oleh net. Dekat dengan net terdapat garis sebagai batas garis serang. Tinggi net voli sendiri 2,55 meter dengan panjnag 9 meter dan lebar 1 meter.

Reli dimulai dengan servis. Server harus mengambil bidikan mereka dari belakang garis akhir dan memilih antara tembakan underhand atau overhand. Sebuah poin dicetak ketika sebuah tim memenangkan reli. Setiap reli dimulai dengan satu servis dan berakhir ketika sebuah tim memenangkan satu poin.

Setiap kali tim memenangkan satu poin, mereka akan memutar posisi mereka searah jarum jam di sekitar lapangan. Sebuah tim dapat memukul bola satu sama lain maksimal tiga kali sebelum mengembalikannya ke sisi lain lapangan. (OL-7)