Musik yang di ciptakan dalam bentuk tertulis untuk di perdengarkan oleh masyarakat disebut

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.(sumber: https://id.wikipedia.org/ )

Disini kita akan membahas karya cipta musik, apa itu karya cipta musik?

Karya cipta musik adalah suatu tindakan yang menghasilkan satu bentuk pernyataan musikal yang asli dari penciptanya, yang sebelumnya belum pernah ada. Jenis ciptaan musik, meliputi:

Musik yang diciptakan dalam bentuk tertulis untuk diperdengarkan, diedarkan, dan diapresiasi oleh masyarakat. kesuksesan suatu karya cipta seni ditentukan oleh nilai cipta atau bobotnya.
Penciptaan musik yang tidak tertulis dan tidak bersifat abadi dalam bentuk serta intensitas yang sama.
Aransemen berasal dari kata arrangement(susunan), dan transkripsi artinya alih tulis. Aransemen dapat diartikan suatu hasil karya dari menyusun atau merangkai suatu lagu atau musik sehingga menjadi lebih indah dan representatif dibanding aslinya.

Struktur aransemen musik, meliputi:

  1. Introduksi
  2. Lagu pokok
  3. Interlude
  4. Pengembangan
  5. Coda
  6. Tranposisi
Berikut langkah membuat aransemen:
  1. Menetapkan lagu
  2. Menganalisir syair atau melodi
  3. Menetapkan bentuk aransemen yang dibuat
  4. Menentukan harmoni lagu berdasar keinginan pendengar lagu melalui melodi dan lirik lagu
  5. mengenal kemampuan teknis, karakter, dan ambitus vokal setiap individu dalam kelompok vokal yang membawakan ciptaan aransemen
  6. membuat/menentukan melodi yang baik pada setiap kelompok suara sehinggga terdengar "bernyanyi"


pujiputrisukma20 @pujiputrisukma20

November 2018 1 224 Report

Musik yang diciptakan dalam bentuk tertulis untuk diperdengarkan,diedarkan,dan dinilai masyarakat disebut ?


ibedbizink Musik yang ditulis adalahnot balok

2 votes Thanks 2

adel495 yang benar komposisi

More Questions From This User See All


pujiputrisukma20 November 2018 | 0 Replies

Alat musik yang menghasilkan bunyi dari badan alat musik itu sendiri
Answer

Recommend Questions



riko567 May 2021 | 0 Replies

bagaimana hubungan antara tata rias dan tata busana


hana9270 May 2021 | 0 Replies

Mengapa batik disebut Seni Rupa 2 Dimensi


shivaardita70 May 2021 | 0 Replies

jenis dan bentuk produk pangan setengah jadi menjadi produk pangan siap dikonsumsi dki jakarta dari serealia


acho8984 May 2021 | 0 Replies

1.nada f dlm bentuk notasi balok terletak padaa.garis ke 1b.spasi 1c.garis ke 2d.spasi ke 22.istilah pitch controla.ketepatan jangkauan nadab.luas wilayah yg mampu di jangkau orgc.lamanya nada yg harus di bunyikand.warna suara yg di bea pada setiap org DAN KERJAKAN NO 49,50 PADA GAMBAR DI ATAS


Ismahaniel9993 May 2021 | 0 Replies

Dalam pemindahan/penyaduran karya drama dituntut persyaratan² yg harus dipenuhi ,kecuali..? A.latar budaya harus utuh B.karaterisasi dalam keseluruhan teks tdk boleh dirubah C.plot,cerita tdk boleh berubah D.karaterisasi hanya sebagian yg boleh dirubah E.persoalan² yg terdapat dalam teks asli kemungkinan terjadi pula dalam konteks budaya yg diadaptasi


Frzsabila1359 May 2021 | 0 Replies

Apa arti tangga nada slendro


adelaalmarif4319 May 2021 | 0 Replies

Apakah ini betul katun wol dan sutra adalahserat dan bahan alam


irfandigmailcom6002 May 2021 | 0 Replies

Sebutkan daera ygmengenal teknik batik tulis


Helenaprilia4445 May 2021 | 0 Replies

Sarana Untuk Mewujudkan Gagasan Suatu Karya Seni Di Namakan... A. Medium B.Gaya C. Tena D. Ekspresi E. Struktur seni


dimasdi7332 May 2021 | 0 Replies

Berkarya dalam seni musik,kecuali... A. adanya gagasan kreatif dalam berkarya musik B. terdapat unsur dasar musik C. mengaransemen lagu D. mengapresiasi karya musik E. pergelaran seni musik


Komposisi merupakan penyusunan suatu karya musik baik dalam bentuk lagu maupun instrumen yang diciptakan dalam bentuk tertulis dan bersifat abadi untuk diperdengarkan, diedarkan, dinilai, dan diapresiasi masyarakat.

Refleksi dari pembahasan yang telah dilakukan dalam bab ini adalah kemampuan siswa dalam melakukan pembelajaran tentang kreativitas seni musik, unsur-unsur musik, simbol, dan nilai estetis seni musik, yang bertujuan untuk menanamkan rasa sensitivitas dan rasa ingin tahu, dan memperdalam kemampuan pembelajar di bidang musik khususnya, dan seni pada umumnya. Pemahaman untuk melakukan pengalaman penulisan musik berupa partitur dan komposisi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Melalui kegiatan pembelajaran ini pula diharapkan pembelajar dapat mengelaborasikan kemampuan siswa dalam menghargai ilmu pengetahuan dan aspek afektif dan psikomotoriknya, dengan mencari tahu dan berdiskusi, bertoleransi antarsiswa, peduli dan memiliki rasa tanggung jawab, santun, responsif, kerja sama, sikap santun, jujur, cinta tanah air, dan merefleksikan pula sikap anggota masyarakat yang memiliki wawasan yang luas.

Komposisi merupakan gubahan, susunan, karangan musik. Orang yang menggubah disebut komponis, komposer atau pencipta musik baik berupa lagu ataupun instrumenalia. Penciptaan musik sebagai bentuk musikal dibedakan atas sebutan: (1) komposisi, (2) improvisasi, dan (3) aransemen.

Komposisi merupakan penyusunan suatu karya musik baik dalam bentuk lagu maupun instrumen yang diciptakan dalam bentuk tertulis dan bersifat abadi untuk diperdengarkan, diedarkan, dinilai, diapresiasi masyarakat.

Keberhasilan suatu karya cipta musik ditentukan oleh nilai ciptanya. Kegiatan komposisi ialah pengalaman membuat lagu yang berhubungan dengan perencanaan penyusunan unsur-unsur musik menjadi suatu bentuk lagu tertentu, menuliskannya ke dalam bentuk tulisan musik sebagai suatu hasil karya musik, dan dapat diungkapkan, diperdengarkan, dan dimainkan kembali secara berulang-ulang.

Improvisasi adalah penciptaan musik yang tidak tertulis dan tidak bersifat abadi karena tidak dapat diulang kembali dalam bentuk serta intensitas yang sama. Improvisasi terjadi secara spontanitas saat menyajikan lagu/ bernyanyi atau saat memainkan alat musik, sebagai permainan ekspresi dan penjelmaan langsung dari perasaan musikal yang timbul saat ini. Kegiatan improvisasi ialah pengalaman mengungkapkan lagu secara reflex, mendadak tanpa dipersiapkan sama sekali dan susah bahkan tidak dapat mengulangnya kembali secara persis.

Aransemen adalah menggubah yang juga sering disebut susunan dan transkripsi artinya ahli tulis. Lebih khusus aransemen diartikan sebagai suatu hasil karya dari teknik menyusun, mengatur, merangkai, menata kembali suatu karya musik baik berupa lagu maupun instrumenal sehingga menjadi lebih indah, artistik, dan representatif dibanding bentuk aslinya. Misalnya, menyangkut masalah melodi nada, irama, jenis dan kelompok suara, harmoni dan struktur lagunya.

Untuk lebih memperdalam pemahaman siswa mengenai materi tersebut di atas, kerjakanlah latihan berikut!

(1) Bagaimana cara membuat pola ritmik untuk musik instrumenalia?

(2) Hal apakah yang perlu dipertimbangkan untuk mencipta dan menyusun

musik instrumen sebagai musik iringan lagu?

Agar memiliki pengalaman berimprovisasi, siswa dapat menciptakan pola-pola irama yang menarik untuk dimainkan dengan alat irama. Gunakan suara atau alat musik melodi dan ciptakanlah pola-pola melodi pendek dengan menyusun nada-nada.