Jenis jamur yang dimanfaatkan dalam pembuatan keju adalah …

Merdeka.com - Dunia kesehatan punya sebuah obat yang sangat terkenal, dan kamu pasti juga pernah mendengarnya, meskipun belum tentu tahu obat itu untuk apa. Namanya adalah penisilin. Tahukah kamu, bagaimana penisilin dibuat? Obat ini dibuat dari Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum. Mereka adalah 2 jenis jamur yang termasuk dalam divisi Ascomycota Kingdom Fungi. Penicillium sp. hidup secara saprofit pada makanan dan roti busuk.

Contoh jamur Ascomycota lain yang juga hidup dengan cara saprofit adalah Saccharomyces cereviciae [khamir bir, roti, dan alkohol], Saccharomyces tuac [khamir tuak], Saccharomyces ellipsoideus [khamir anggur], dan Neurospora crassa [pembuatan oncom]. Kali ini kita akan membahas tentang Penicillium sp.

Penicillium sp. adalah jamur yang berkembang biak secara aseksual dengan membentuk konidium yang berada di ujung hifa. Setiap konidium akan tumbuh menjadi jamur baru. Konidium berwarna kehijauan dan dapat hidup di makanan, roti, buah-buahan busuk, kain, atau kulit.

Penicillium caseicolum dapat memberi citarasa yang khas untuk keju rokefort dan kamembert, sedangkan Penicillium notatum dan Penicillium chrysogenum adalah pembuat penisilin karena bersifat racun yang dapat menghasilkan zat mematikan, yaitu antibiotika. Sekarang ini antibiotika banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi mikroba pada manusia.

Pemakaian penisilin harus sesuai dengan anjuran dokter. Jika nggak [berlebihan], pasien akan mengalami kekebalan. Beberapa turunan antibiotik [golongan penisilin] meliputi Penisilin G, Fenoksimetilpenisilin [Penicilin V], Amoksisilin, Ampisilin, Bekampisilin, Siklasilin, Hetasilin, Dikloksasilin, Metisilin, Nafsilin, Kloksasilin, Oksasilin, Karbenisilin, Tikarsilin, Azlosilin, Mezlosilin, dan Piperasilin. Semua obat antibiotik ini nggak boleh dikonsumsi sembarangan. Selalu ikuti apa kata dokter, dan jangan berinisiatif langsung minum obat antibiotic kalau kamu belum dapat resep obat.

Lihat Foto

microbenotes.com

Jamur Penicillium chrysogenum yang menjadi bahan baku antibiotik

KOMPAS.com – Penicillium adalah salah satu genus dalam Kingdom Fungsi. Jenis jamur penicillium yang mampu menghasilkan antibiotik adalah Penicillium notatum, Penicillium chrysogenum, Penicillium vermiculatum.

Apa manfaat jamur Penicillium bagi kehidupan? Jamur Penicillium memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan, sesuai dengan jenis spesiesnya. Berikut adalah manfaat jamur Penicillium bagi manusia!

Antibiotik

Manfaat jamur Penicillium yang pertama adalah sebagai bahan pembuatan antibiotik. Antibiotik dari Penicillin ditemukan oleh Alexander Flaming.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, penisilin bekerja dengan cara menghambat enzim bakteri yang bertanggung jawab untuk sintesis dinding sel dalam mereplikasi mikroorganisme dengan mengaktifkan enzim pemecah dinding pelindung mikroorganisme.

Baca juga: Contoh Kingdom Fungi

Penemuan tersebut merevolusi dunia medis, dan mengurangi angka kematian akibat infeksi bakteri secara drastis.

Jenis jamur Penicillium yang menghasilkan antibiotik adalah:

  • Penicillium notatum
  • Penicillium chrysogenum
  • Penicollium vermiculatum

Pembuatan keju

Menurut V. Bernaldez, dkk dalam buku berjudul Effect of Penicillium nalgiovense as Protective Culture in Processing of Dry-fermented Sausage “Salchion” [2013], meyebutkan bahwa jamur Penicillium juga dimanfaatkan sebagai starter pembuatan keju yaitu penisilin berjenis:

  • Penicillium rubens
  • Penicillium camemberti
  • Penicillium roqueforti

Baca juga: Bioteknologi Konvensional: Pengertian dan Contohnya

 

Pembuatan sosis

Jamur penicillium juga bermanfaat untuk pembuatan sosis. Jamur penicillium yang digunakan untuk fermentasi sosis adalah:

  • Penicillium nalgiovense
  • Penicillium glaucum

Obat transplantasi organ

Penicillium echinulatum adalah jenis jamur penisilin yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat asam mikofenolat. Asam mikofenolat adalah obat pasca transplantasi organ yang bekerja pada sistem kekebalan tubuh manusia. 

Asam mikofenolat dari penisilium membantu mencegah penolakan sistem imun tubuh terhadap organ yang baru ditransplantasikan. 

Baca juga: Apa Itu Sistem Imun?

Pemacu pertumbuhan tumbuhan

Jamur penisilium juga dimanfaatkan sebagai pemacu pertumbuhan tumbuhan atau PGPB. 

Menurut Rocheli de Souza, dkk dalam jurnal berjudul Plant Growth-promoting Bacteria as Inoculants in Agricultural Soils [2015], PGPB adalah banteri yang dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman dan melindungi tanaman dari berbagai penyakit. 

Jenis penisilium yang digunakan untuk pemacu pertumbuhan tumbuhan dalam bidang pertanian adalah Penicillium bilaiae. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Dari eksperimen dapat dilihat setelah lilin mati mebyebabkan masuknya cairan ke dalam wadah gelas sehingga terjadi kenaikan permukaan air didalam wad … ah gelas.Penyebab terjadinya kenaikan air dlm wadah gelas tersebut adalah. . .A.tekanan udara di dlm gelas lebih tinggi dibandingkan di luar gelasB.tekanan udara di dlm gelas lebih rendah dibandingkan di luar gelasC. suhu di luar gelas lebih rendah dibandingkan bagian di dalam gelasD. suhu di luar gelas sama dengan bagian di dalam gelasTolong jawab PLEASE​

Apa kemungkinan konsekuensi yang terjadi pada sel tumbuhan jika tahap kedua fasenya tidak terkendali​

Berikut ini adalah bahan yang terdapat pada baterai:1]. Zn 3]. NH4Cl2]. Ca 4]. ZnCl2 Bahan di atas yang termasuk molekul senyawa adalah ....A. 1] dan … 2] C. 2] dan 3]B. 1] dan 3] D. 3] dan 4]​​

tolong bantu jawab teka teki silang​

1. Bacalah BMP Pengembangan Produk Modul 1 Kegiatan Belajar 1. Sebutkan dan jelaskan dua tipe inovasi yang diterapkan Dell berdasarkan tipe-tipe inova … si yang dijelaskan pada Modul 1 tersebut ! 2. Bacalah BMP Pengembangan Produk Modul 2 Kegiatan Belajar 1. Bentuk aliansi strategis apakah yang diterapkan Dell berdasarkan ulasan diatas? Jelaskan jawaban Anda ! 3. H & M adalah perusahaan ritel pakaian multinasional asal Swedia yang berhasil merambah pasar global. H & M selalu menawarkan produk-produk baru dalam kisaran harga yang lebih rendah dengan kualitas yang baik dibandingkan dengan ritel lain yang sejenis. Ide utama bisnis H & M adalah fast fashion, yaitu ide-ide untuk memindahkan produk dalam jumlah besar dari meja desainer ke lantai showroom dalam waktu sesingkat mungkin. H & M mengutamakan produk kepada konsumen yang dibagi kedalam empat kelompok yaitu wanita dewasa, pria dewasa, remaja, dan anak-anak. Dalam mengembangkan produk barunya, H & M mengutamakan pada tren mode terkini untuk dapat memenuhi kelompok pembeli tersebut. H & M mendapatkan keunggulan bersaing melalui perputaran produk yang sangat tinggi di setiap toko dan dengan terus-menerus memasok jalur produk dengan tren mode terkini. Model H&M juga membutuhkan tim pemasaran yang solid yang dapat dengan cepat menentukan keinginan demografis target mereka dan menerapkan perubahan yang diperlukan ke dalam rantai pasokan. PERTANYAAN: Bacalah Modul 2 Kegiatan Belajar 2 BMP Pengembangan Produk. Sebutkan dan jelaskan dua macam perspektif dasar yang digunakan oleh H & M dalam pengembangan produk baru berdasarkan materi pada modul 2 tersebut ! ​

Konstruksi pengertian iman dalam Al-quran berkaitan dengan assyaddu hubban [QS. Al- Baqarah [2] : 165], qalbu, mata, dan telinga [QS. Al-A’raaf [7]:17 … 9]. a. Tuliskan ayat dan terjemah QS. Al- Baqarah [2] : 165 dengan teliti dan benar! [i] Jelaskan pengertian hubban dalam ayat tersebut? [ii] Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut ayat tersebut? b. Tuliskan ayat dan terjemah QS. Al-A’raaf [7]:179 dengan teliti dan benar! c. Jelaskan pengertian iman kepada Allah SWT menurut ayat QS. Al-A’raaf [7]:179 tersebut? d. Jelaskan secara ringkas pengertian iman kepada Allah SWT dari kedua ayat tersebut? 2. Manusia berbeda dengan makhluk lainnya dari segi fisik, non fisik dan tujuan penciptaannya. Namun, kesempurnaan manusia lebih ditekankan kepada aspek non fisik dan pencapaian tujuan penciptaan tersebut daripada aspek fisik. Hal ini diantaranya diisyaratkan dalam kandungan ayat-ayat Q.S. Ali-Imran [3] : 190-191 dan Q.S. Qaaf [50] : 16. a. Tuliskan terjemah Q.S. Ali-Imran [3] : 190-191 dan jelaskan secara ringkas hakikat manusia menurut kedua ayat tersebut! b. Tuliskan terjemah Q.S. Qaaf [50] : 16 dan jelaskan secara ringkas hakikat manusia menurut ayat tersebut! c. Jelaskan hakikat kesempurnaan manusia menurut ketiga ayat tersebut! 3. Manusia dari sisi perwujudannya sebagai makhluk sosial, bertempat tinggal dan berinteraksi dengan sesamanya dalam waktu yang lama dalam suatu masyarakat. a. Jelaskan pengertian terminologis tentang masyarakat ? b. Jelaskan asal-usul masyarakat menurut fitrah manusia dalam QS. Al-Hujuraat: 13 dan QS. AzZukhruf: 32 c. Jelaskan kriteria masyarakat beradab dan sejahtera dari sudut pandang masyarakat madani! d. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip umum masyarakat beradab dan sejahtera! ​

Ada yang disebut predator-prey equation. Jelaskan apa itu predator-prey equation dan berikan contohnya.

Misalkan ada 6 macam gen yang mengontrol berat badan ternak yaitu a,b,c,d,e, dan f. Setiap gen dominan berkontribusi 100gr bobot badan. Ternak bergeno … tip a,b,c,d,e dan f memiliki bobot 1000gr. Selidiki bobot ternak pada berbagai bentuk genotip akibat perkawinan ternak dalam populasi.

Dampak perubahan lingkungan terhadap populasi monyet di suatu lingkungan​.

Zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh ialah. A. Urea hasil pembongkaran proteinB. Asam amino hasil pemecahan proteinC. Asan lemak has … il pemecahan lemakD. Amonia hasil pembongkaran urea​.

Video yang berhubungan