Jelaskan perbedaan teknik tangkisan dalam dan tangkisan luar dalam pencak silat

Teknik Dasar Tangkisan Dalam Pencak Silat –  Pada kesenmoatan kali ini admin akan menjelskan salah satu dari teknik yang digunakan dalam pencak silat yairu mengenai Teknik dasar tangkisan dalam pencak silat yang akan dijelaskan dengan lengkap , untuk itu langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Dalam pencak silat terdapat beberapa teknik yang berkesinambungan serta  harus mampu dikuasai dengan baik. Dan salah satunya adalah  teknik tangkisan yang juga mempunyai  peranan yang  penting dalam pencak silat. Yang dimaksud dengan teknik tangkisan adalah upaya yang dilakukan dengan cara melakukan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan  oleh pihak lawan. Tangkisan mempunyai  tujuan langsung seperti untuk mengalihkan serangan dan lintasan, membendung ataupun menahan serangan dari lawan bila  terpaksa.

Jadi secara umum  dapat  kita pahami bahwa  teknik tangkisan adalah upaya yang dilakukan untuk menahan serangan lawan dengan berbagai teknik yang dilakukan. Bila  kita tidak mampu menguasai teknik tangkisan dengan baik dan benar, maka tentunya  membuat pertahanan kita akan sangat rapuh dan  juga lawan  akan mudah untuk terus menyerang serta memberi tekanan pada kita. Sebaliknya jika mampu menguasai teknik tangkisan dengan baik, maka tentu lawan akan kesulitan untuk melakukan serangan tepat sasaran dari yang dituju karena kita mampu menangkisnya.

Agar  dapat  menguasai teknik tangkisan dengan cepat dan baik, tentunya di perlukan keseriusan yang sungguh – sungguh  ketika  melakukan latihan. Tanpa  adanya usaha yang tinggi tentunya akan mudah untuk menguasainya terutama bagi yang masih  berada tahap pemula menggemari pencak silat. Adapun untuk teknik tangkisan terbagi menjadi beberapa teknik tergantung pada  usaha atau gerakan yang dilakukan. Untuk lebih jelasnya langsung saja  kita simak ulasan selengkapnya  berikut ini.

Teknik Dasar Tangkisan Dalam Pencak Silat

Tangkisan Dalam

Yang dimaksud  dengan teknik tangkisan dalam adalah jenis tangkisan sejajar dengan bahu dan dilakukan dari arah  luar kedalam.

Adapun cara melakukannya adalah  sebagai berikut ini :

  • Sikap kuda – kuda tengah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari depan keluar dalam sejajar dengan bahu.
  • Posisi tubuh dalam keadaan seimbang.

Kesalahan : Kesalahan – kesalahan yang sering terjadi pada saat  melakukan gerakan  tangkisan dalam bela diri pencak silat adalah kuda – kuda  yang kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat dan juga  badan kurang seimbang.

Tangkisan Luar

Yang dimaksud dengan tangkisan luar adalah jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu serta dilakukan dari dalam keluar dengan mengambil bagian luar dari kaki atau tangan.

Adapun cara melakukannya sebagai berikut ini :

  • Sikap kuda – kuda tengah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari dalam ke depan keluar hingga  sejajar dengan bahu
  • Posisi tubuh seimbang

Kesalahan : Kesalahan – kesalahan yang sering terjadi pada saat  melakukan gerak tangkisan luar bela diri pencak silat adalah kuda – kuda  yang kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat dan juga  badan kurang seimbang.

Tangkisan Atas

Yang dimaksud dengan tangkisan atas  merupakan jenis tangkisan yang dilakukan dari bawah ke atas supaya bagian kepala  bisa  terlindungi dari serangan lawan yang mengarah kebagian atas.

Adapun cara melakukannya sebagai berikut ini:

  • Sikap kuda – kuda tengah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari bawah ke atas sehingga kepala terlindungi dari serangan.
  • Posisi tubuh dalam keadaan seimbang

Baca Juga :   8 Jenis Teknik Kuncian Dalam Beladiri Pencak Silat

Kesalahan : Kesalahan – kesalahan yang sering terjadi pada saat  melakukan gerak tangkisan atas bela diri pencak silat adalah kuda – kuda  yang kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan  yang kurang kuat dan badan yang  kurang seimbang.

Tangkisan Bawah

Yang dimaksud  dengan tangkisan bawah dalah jenis tangkisan yang dilakukan dari atas kebawah supaya  terlindung dari serangan lawan, kemudian kita serang lawan balik dari bagian dalam.

Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut ini :

  • Sikap kuda – kuda tengah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari atas ke bawah,
  • Posisi tubuh seimbang.

Kesalahan : Kesalahan – kesalahan yang sering terjadi pada saat  melakukan gerak tangkisan bawah bela diri pencak silat adalah kuda – kuda kurang baik, kedua tangan tidak siap di bagian  depan, tarikan salah satu tangan  yang kurang kuat serta  badan yang  kurang seimbang.

Demikianlah penjelasan mengenai √ Tangkisan Pencak Silat │ Teknik Dasar Tangkisan Dalam Pencak Silat Beserta Penjelasannya . Dengan menguasai teknik tangkisan dalam pencak silat dengan baik dan benar , tentunya akan membantu dan juga lebih membuat anda menjadi percaya diri pada setiap pertandingan pencak silat. Semoga informasi yang sudah dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua , sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :

Tangkisan Pencak Silat (Sumber: Unsplash)

Tangkisan dalam pencak silat merupakan salah satu dari beberapa teknik yang mesti dikuasai dengan baik. Teknik tersebut akan membantu para pesilat untuk mencapai kemenangan.

Teknik tangkisan sendiri memiliki peranan penting dalam bela diri pencak silat.

Tangkisan yang dimaksud adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan lawan.

Tangkisan dalam pencak silat berfungsi untuk mengalihkan serangan dari lintasan, membendung, atau menahan serangan lawan jika terpaksa. Kontak langsung tersebut berfungsi untuk menahan serangan dan mengalihkan serangan dari lintasan.

Tangkisan ini selalu diikuti dengan sikap kuda-kuda dan posisi tubuh dengan tangkisan satu tangan, tangkisan dua tangan, tangkisan siku dan tangkisan dengan kaki.

Teknik Tangkisan dalam Pencak Silat

Ilustrasi Tangkisan Pencak Silat (sumber: Pixabay(

Ada empat gerakan dalam teknik tangkisan pencak silat, berikut ini adalah penjelasannya:

Tangkisan dalam merupakan jenis tangkisan sejajar dengan bahu dan dilakukan dari luar ke dalam. Cara dan tujuan melakukan gerakan tangkisan dalam pencak silat adalah:

  • Kedua tangan bersiap di depan.

  • Tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sejajar bahu.

Saat melakukan gerakan tangkisan dalam, ada beberapa kesalahan yang mesti dihindari, seperti sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

Ilustrasi tangkisan luar dalam pencak silat. (Pexels/RODNAE Productions)

Tangkisan luar merupakan jenis tangkisan yang sejajar dengan bahu dan dilakukan dari dalam keluar dengan mengambil bagian luar dari kaki atau tangan. Berikut ini adalah cara melakukannya:

  • Langkah pertama adalah melakukan sikap kuda kuda tengah.

  • Setelah itu, siapkan kedua tangan di depan.

  • Lalu, salah satu tangan ditarik hingga sejajar dengan bahu dari dalam menuju depan keluar.

  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

Pada saat melakukan tangkisan luar, terdapat beberapa kesalahan yang sering terjadi. Beberapa jenis kesalahan yang sering terjadi dalam tangkisan luar adalah kurang baiknya kuda-kuda, kurang kuat menarik salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang tubuh pemainnya.

Kepala menjadi salah satu target utama musuh untuk memperoleh poin hit tinggi. Maka dari itu, banyak atlet yang berlatih tangkisan atas untuk melindungi kepala mereka.

Berikut ini adalah cara melakukan tangkisan atas dalam pencak silat:

  • Langkah pertama adalah melakukan sikap kuda kuda tengah.

  • Setelah itu, siapkan kedua tangan di depan.

  • Selanjutnya, salah satu tangan digunakan untuk melindungi kepala dari serangan. Jadi, pelaksanaannya dari bawah menuju atas.

  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

Saat melakukan gerakan tangkisan atas, ada beberapa kesalahan yang biasa terjadi, seperti kurang baiknya kuda kuda, kurang kuat penarikan salah satu tangan, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Tangkisan bawah merupakan jenis tangkisan yang dilakukan dari atas ke bawah agar terlindung dari serangan lawan. Kemudian, pesilat melakukan serangan lawan balik dari bagian dalam. Berikut ini adalah cara melakukannya:

  • Pertama, lakukan sikap kuda kuda tengah.

  • Setelah itu, siapkan kedua tangan di depan.

  • Salah satu tangan ditarik dari atas menuju bawah.

  • Tubuh diposisikan dalam kondisi seimbang.

Ketika melakukan tangkisan bawah, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi. Jenis kesalahan yang sering terjadi adalah kurang baiknya kuda-kuda, penarikan salah satu tangan kurang kuat, ketidaksiapan kedua tangan ketika di depan, dan kurang seimbang badan pemainnya.

Itulah jenis-jenis tangkisan dalam pencak silat yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa menguasai beberapa teknik tangkisan tersebut.