Jelaskan pasar sebagai a fungsi distribusi b fungsi pembentuk harga c fungsi promosi

Pengertian Pasar – Tentunya Grameds sudah tahu pasar adalah tempat terjadinya jual beli barang. Pasar menjadi salah satu tempat favorit ibu-ibu yang hendak berbelanja untuk menghidangkan makanan atau memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pasar di Indonesia sangat beragam, mulai dari pasar yang buka hanya pada hari tertentu, pasar yang khusus menjual satu barang dan masih banyak lagi.

Tetapi apa yang dimaksud pasar sebenarnya? Lalu apa fungsi dari pasar dan apakah pasar memiliki jenis-jenis tersendiri? Berikut pemahaman lebih jelas mengenai pasar.

Pengertian Pasar

Pasar merupakan salah satu tempat terjadinya jual beli barang maupun jasa. Selain itu di dalam pasar terjadi hubungan sosial antara pedagang dan pembeli. Penjual dan pembeli dapat bertransaksi atau sepakat dalam akad jual beli. Transaksi yang disepakati meliputi barang, penjual, pembeli, dan harga barang. Selain itu, di pasar juga bisa melakukan tawar menawar yang tujuannya agar harga dari barang yang diinginkan bisa sepakat baik pihak penjual maupun pihak pembeli.

Pasar juga menyediakan berbagai usaha, selain barang pasar juga menyediakan orang-orang yang menjual jasa atau tenaga kerja dengan mendapatkan uang sebagai imbalannya. Orang yang menyediakan jasanya di pasar, biasanya dibutuhkan oleh Ibu-ibu yang membawa banyak barang belanjaan sehingga mengalami kesulitan untuk membawa barang tersebut, dengan ini untuk memudahkan bisa menyewa jasa dengan membawakan barang itu.

Selain pengertian di atas, berikut pengertian pasar menurut beberapa para ahli:

1. Kotler (1997)

Kotler berpendapat bahwa pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan yang sama. Di pasar dapat terjadinya pertukaran untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan lainnya.

2. Ehrenberg et al (2003)

Pasar dalam artian yang luas yaitu tempat perjumpaan antara pembeli dan penjual. Barang atau jasa sebagai produk yang dipertukarkan oleh pembeli dan penjual. Dalam pertukaran itu muncul harga atas barang atau jasa yang dipertukarkan.

3. Kuntowijoyo (1994)

Menurut Kuntowijoyo pasar bukan hanya sekedar tempat, tetapi juga sebagai mekanisme yang bisa menata kepentingan pembeli dan penjual.

4. William J. Stanton

Menurut William berpendapat bahwa pasar merupakan sekumpulan orang yang memiliki suatu kepentingan yang puas, yaitu uang yang digunakan untuk belanja. Selain itu pasar juga sebagai tempat yang memiliki kemauan untuk membelanjakan uang tersebut.

Dengan adanya pasar kita bisa dengan mudah membeli sesuatu jika membutuhkan barang tertentu. Pasar menjual barang yang beragam, mulai dari makanan, elektronik, jasa bahkan sampai penjualan pakaian. Fungsi dari pasar sebagai tempat penyaluran distribusi, atau proses penyaluran barang dan jasa hingga ke tangan konsumen atau pembeli.

Peran dari pasar yang berguna bukan hanya bagi produsen dan konsumen saja, tapi juga bagi suatu negara. Hal ini karena pasar merupakan suatu dasar berjalannya perekonomian di suatu negara. Berikut penjelasan mengenai peran dari pasar, yaitu:

1. Peran pasar bagi produsen

Pasar menjembatani produsen dalam memperlancar penjualan hasil produksi, serta pasar menjadi tempat untuk memperkenalkan suatu barang yang kita produksi. Produsen juga bisa mendapatkan barang atau jasa yang bisa digunakan untuk keperluan produksi.

2. Peranan pasar bagi konsumen

Pasar menjadi peran yang penting bagi konsumen. Dengan adanya pasar konsumen menjadi lebih mudah dalam memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Jika pasar semakin luas, maka konsumen akan semakin mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.

3. Peranan pasar bagi pembangunan

Peranan pasar bagi pembangunan yaitu menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Peran pasar dalam meningkatkan pembangunan ini dengan membantu menyediakan berbagai macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Yang tentunya pasar bisa dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi. Contohnya pasar yang menyediakan barang material.

4. Peranan pasar bagi sumber daya manusia atau SDM

Perdagangan yang terjadi di pasar membutuhkan tenaga kerja yang jumlahnya tidak sedikit. Maka dengan ini semakin luasnya suatu pasar, maka semakin besar pula tenaga kerja yang dibutuhkan. Berarti pasar juga ikut membantu dalam mengurangi pengangguran di dalam negeri dengan memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan pekerjaan.

Di pasar produsen bisa berinteraksi langsung maupun tidak langsung untuk menawarkan hasil barang yang diproduksi ke konsumen. Selain itu pasar juga memiliki beberapa fungsi, seperti halnya berikut:

5. Pasar sebagai pembentuk harga

Pasar menjadi tempat yang lengkap dalam penjualan barang-barang atau jasa. Pembeli biasanya akan menawar harga barang yang sudah ditetapkan oleh penjual. Penjual sudah memikirkan berapa laba yang akan didapatkan dari barang tersebut, serta pembeli juga sudah mempertimbangkan kegunaan barang tersebut dan sesuai dengan keadaan keuangannya.

Ketika tawar menawar sudah mencapai kesepakatan bersama, maka barang atau jasa telah memiliki harga sebenarnya. Dengan itu pasar bisa disebut sebagai pembentukan harga.

6. Sarana untuk promosi barang

Pasar menjadi tempat memperkenalkan atau mempromosikan barang atau jasa penjual. Promosi dilakukan dengan memberikan informasi manfaat, keunggulan serta fungsinya pada konsumen.

Dengan promosi membuat barang atau jasa yang akan kita jual menjadi lebih dikenal. Apalagi untuk saat ini mempromosikan barang sangat mudah, bisa dengan menyebarkan brosur, memasang spanduk dan masih banyak lagi. Tentunya ini menjadi daya tarik bagi konsumen.

Untuk menambah pengetahuan lebih tentang promosi produk, Grameds bisa membaca buku yang sudah tersedia di www.gramedia.com pastikan Grameds tidak kehabisan bukunya ya! Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan informasi yang terbaik:)

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

Strategi dan Taktik Promosi Produk

7. Pasar sebagai distribusi

Dimana pasar berfungsi memperlancar penyaluran suatu barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan ini hubungan produsen bisa terjalin baik dalam mempromosikan produknya ke konsumen.

8. Pasar sebagai penetapan nilai atau Sets Value

Pasar merupakan penggerak ekonomi di suatu negara. Maka harga pada suatu barang merupakan ukuran suatu nilai pada pasar.

9. Untuk mengorganisir produksi

Faktor-faktor produksi yang ada di pasar mendorong produsen untuk memproduksi barang yang lebih efisien.

10. Menyelenggarakan penjatahan atau rationing

11. Mempertahankan kebutuhan dan mempersiapkan kebutuhan di masa mendatang

Di pasar Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang serta jasa. Anda akan dengan mudah mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Selain itu, pasar juga menyediakan berbagai macam bahan makanan, seperti:

  • Aneka macam jajanan tradisional sampai modern. Di pasar Anda akan bertemu dengan berbagai macam jajanan yang jarang diketahui, seperti: lemper isi ayam dan abon, kue lumpur, risol, bolu kukus, kue apem, kue donat, pastel dan masih banyak lagi jajanan yang ada.
    Jika Grameds ingin membuat jajanan tradisional dirumah, Grameds bisa baca buku dapatkan buku resep jajanan tradisional di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami berusaha untuk membantu Anda!

    Jajan Pasar Ala Master Kue Tradisional

    Masak Step by Step Ala Dapur Ane

  • Selain jajanan di pasar Anda bisa membeli berbagai kebutuhan rumah tangga. Mulai dari barang elektronik sampai barang-barang yang bisa digunakan setiap hari, seperti: panci, payung, rice cooker, oven, timbangan, karet, lampu dan masih banyak lagi.
  • Pasar juga paling utama menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari, seperti: beras, minyak, lada, garam, gula, telur, penyedap rasa serta kebutuhan lainnya.
  • Pasar juga menyediakan berbagai macam sayuran serta buah-buahan dari berbagai daerah. Misalnya di daerah Anda tidak tersedia sayur yang Anda inginkan maka tidak perlu khawatir, Anda bisa membelinya di pasar.

Ciri-ciri dari Pasar

Suatu tempat yang dikatakan pasar adalah tempat untuk jual beli barang atau jasa. Pasar memiliki beberapa ciri-ciri, ciri-ciri inilah yang menjadikan suatu tempat disebut sebagai pasar, berikut ciri-cirinya:

1. Memiliki penjual dan calon pembeli

Di pasar pastinya terdapat banyak penjual atau produsen barang dan jasa, selain itu di pasar juga memiliki konsumen atau pembeli barang-barang tersebut.

2. Terdapat banyak barang dan juga jasa

Segala kebutuhan bisa terpenuhi di pasar. Pasar menyediakan berbagai macam jenis, merk, ukuran serta warna dari suatu barang tersebut.

3. Terdapat tawar menawar

Apabila barang yang Anda inginkan memiliki harga yang tidak sesuai, maka Anda bisa menawarnya secara baik-baik. Pastikan dalam tawar-menawar penjual dan pembeli memiliki kesepakatan yang baik dan tidak memberatkan salah satu. Pasar adalah tempatnya berbagai macam kebutuhan pokok, elektronik dan lain sebagainya.

BACA JUGA:

  1. Pengertian Pasar Barang: Ciri, Macam, Fungsi, Bentuk, dan Contohnya
  2. Pengertian Pasar Input: Ciri, Jenis, Perbedaan, dan Kelebihannya
  3. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli – Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contohnya
  4. Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, Peran, dan Contoh

Jenis-jenis Pasar

Pasar memiliki jenis-jenis sendiri, hal ini karena setiap pasar di daerah tertentu terdapat kebutuhan yang juga berbeda-beda. Pasar dibedakan berdasarkan bentuk kegiatannya, pasar menurut cara transaksinya, serta pasar menurut barang-barangnya. Berikut jenis-jenis pasar beserta penjelasannya:

1. Pasar menurut bentuk kegiatan

a. Pasar Nyata

Pasar nyata merupakan pasar yang menyediakan berbagai macam barang yang bisa diperjual belikan. Contoh dari pasar nyata adalah pasar swalayan dan pasar tradisional.

b. Pasar Abstrak

Pasar abstrak merupakan pasar yang kecil kemungkinan dalam hal tawar menawar. Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli tidak bertemu langsung, melainkan melalui aplikasi atau surat dagangan. Yang dimaksud dalam pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal, pasar valuta asing dan pasar saham.

2. Pasar menurut transaksi

a. Pasar tradisional

Pasar tradisional merupakan pasar yang sifatnya tradisional. Jadi dalam pasar ini penjual dan pembeli bisa bertemu langsung. Barang yang terdapat pada pasar tradisional beragam, akan tetapi barang yang sering diperjual belikan adalah bahan pokok kebutuhan sehari-hari.

Berikut ciri-ciri pasar tradisional:

  • Dikelola oleh pemerintah setempat atau daerah
  • Adanya sistem tawar menawar
  • Barang-barang yang dijual beragam, serta dengan tempat yang sama
  • Sebagian besar barang-barang serta jasa yang dijual merupakan hasil lokal

b. Pasar modern

Pasar modern merupakan pasar yang sifatnya modern. Jadi dalam pasar modern terdapat berbagai macam barang diperjualbelikan dengan harga yang sudah pas dan dengan layanan sendiri.

Pasar modern memiliki tempat sendiri untuk berlangsungnya jual beli. Tempat pasar modern, seperti plaza, mal dan tempat-tempat lainnya. Pasar modern tidak banyak bedanya dari pasar tradisional. Tetapi pasar jenis modern ini penjual dan pembeli tidak perlu bertransaksi secara langsung, melainkan pembeli hanya melihat label harga yang tercantum dalam barang atau barcode.

Selain itu pasar modern berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri, swalayan atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual juga beragam, seperti barang elektronik dan masih banyak lagi. Selain itu pasar modern juga menjual bahan makanan seperti; buah, sayuran, daging. Sebagian besar barang yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari pasar modern, seperti pasar swalayan, hypermarket, supermarket dan juga minimarket.

3. Pasar menurut jenis barang:

a. Pasar barang konsumsi

Pasar barang konsumsi merupakan sebuah pasar yang menjual ataupun membeli berbagai macam jenis barang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Biasanya pasar barang konsumsi menjual berbagai macam kebutuhan pokok, seperti sayuran, daging, buah-buahan. Lalu ada pasar yang khusu menjual satu bahan pokok saja, seperti pasar ikan, pasar sapi, dan masih banyak lagi.

b. Pasar Sumber Daya Produksi

Pasar sumber daya produksi merupakan pasar yang menjual atau membeli mengenai produksi. Pasar sumber daya produksi menjual, seperti tenaga kerja, mesin-mesin, alat-alat berat dan masih banyak lagi.

4. Pasar menurut waktu

a. Pasar Harian

Pasar harian merupakan sebuah pasar yang menjual kebutuhan pokok. Pasar harian mempertemukan penjual dan pembeli setiap hari, artinya pasar harian buka setiap hari.

b. Pasar mingguan

Pasar mingguan merupakan sebuah pasar yang biasanya hanya buka dalam seminggu satu kali. Pasar mingguan biasanya terdapat di pedesaan. Serta pasar mingguan juga menjual berbagai macam hewan ternak yang memang hanya dibuka pada hari-hari tertentu saja.

c. Pasar bulanan

Pasar bulanan merupakan pasar yang bukanya sebulan sekali. Pasar bulanan terdapat di daerah-daerah tertentu. Pasar bulanan terdapat pembeli yang membeli barang-barang tertentu dan dapat dijual kembali.

d. Pasar temporer

Pasar temporer merupakan pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu serta tidak dapat diprediksi atau hanya tertentu saja. Pasar temporer buka apabila hanya ada perayaan tertentu saja. Contoh dari pasar temporer adalah bazar.

5. Pasar menurut keleluasaan distribusi

a. Pasar daerah

Pasar daerah merupakan sebuah pasar yang dapat membeli serta menjual produk dalam satu daerah, yang dimana produk tersebut dihasilkan. Pasar daerah bisa juga dikatakan sebagai pasar daerah yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu daerah itu saja.

b. Pasar lokal

Pasar lokal merupakan sebuah pasar yang dapat melakukan transaksi jual beli produk dalam satu kota, yang dimana tempat produk tersebut dihasilkan. Pasar lokal bisa juga diartikan sebagai pasar lokal yang melayani permintaan dan penawaran hanya dalam satu kota itu saja.

c. Pasar nasional

Pasar nasional merupakan sebuah pasar yang dapat membeli dan menjual suatu produk di dalam satu negara dan juga tempat produk tersebut dihasilkan. Pasar nasional bisa juga diartikan sebagai pasar nasional yang melayani permintaan serta penjualan dari dalam Negeri.

d. Pasar Internasional

Pasar internasional merupakan sebuah pasar yang dapat transaksi membeli dan menjual suatu produk dari berbagai negara. Selain itu, pasar internasional dapat dikatakan lebih luas jangkauan karena pasar tersebut dapat jangkauan dari seluruh dunia. Contoh pasar Internasional seperti Pasar kopi di Santos, Brazil.

6. Pasar menurut jenis dagangan

a. Pasar umum

Pasar umum merupakan suatu pasar yang dapat menjual dan membeli barang-barang yang beraneka ragam. Berikut golongan jenis-jenis barang dagangan yang diperjualbelikan pada pasar umum adalah :

  • Golongan A, seperti batu mulia, logam mulia, permata dan tekstil.
  • Golongan B, seperti batik, konveksi, pakaian tradisional, kerajinan, barang kelontong, barang pecah belah, plastik, obat-obatan, bahan-bahan kimia, bumbu-bumbu, bahan-bahan bangunan, daging dan ikan.
  • Golongan C, seperti beras, tepung terigu, ketan, jagung, gula pasir, teh, kopi, buah-buahan, minyak goreng, jahe, warung makan dan jajan-jajanan di pasar.
  • Golongan D, seperti kembang, anyam-anyaman, gerabah, barang barang bekas sepatu, sandal, dan pakaian, barang-barang bekas alat-alat elektronik dan barang-barang bekas bahan bangunan.

b. Pasar khusus

Pasar khusus adalah suatu pasar yang bisa melakukan jual beli satu jenis barang dagangan saja. Contoh dari pasar khusus, seperti pasar hewan, pasar rombengan, pasar bunga, pasar sepeda dan lainnya. Berikut penggolongan jenis barang dagangan pada pasar khusus:

  • Pasar khusus golongan A: Jual beli kendaraan bermotor, ternak, sepeda.
  • Pasar khusus golongan B: Menjual tanaman atau bunga hias, bahan bangunan, hasil bumi dan furniture.

c. Pasar tempel

Pasar tempel merupakan jenis pasar umum yang secara formal tidak dikelola atau diakui oleh pemerintah daerah. Tetapi secara fungsional pasar tempel berperan sebagai pasar dengan wilayah pelayanan tertentu.

Untuk menambah wawasan Grameds tentang pasar, Grameds bisa membaca buku dan dapatkan bukunya yang sudah tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami berusaha memberikan yang terbaik.

Selamatkan Pasar Tradisional

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien