Jelaskan apa saja yang perlu dikemukakan pada surat lamaran pekerjaan

  • 10 Agustus 2019 21:58:14 WIB

KIAT SUKSES MERAIH KERJA

Bekerja adalah keinginan semua orang karena bekerja merupakan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup. sebagian orang merasa frustasi karena sulitnya mendapatkan pekerjaan, meskipun sudah berusaha mencari dan mengirimkan banyak lamaran pekerjaan namun tidak sedikit pula orang yang dengan mudahnya berganti-ganti pekerjaan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginannya. meskipun proses pencari kerja sudah terjadi sejak lama namun tak sedikit orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan baik.

A. CARA MEMBUAT SURAT LAMARAN YANG BAIK.

Yang terpenting dari menulis surat lamaran adalah lembar pembukaan yang dikirim bersama dengan Curriculum Vitae [CV] serta lampiran yang dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, sebelumnya perhatikan dulu beberapa hal sebagai berikut:

1. Jangan menulis ulang yang ada di CV

Surat lamaran pekerjaan seharusnya memang menjelaskan apa pencapaian kalian dalam beberapa hal yang ada di CV. Namun usahakan jangan membuatnya sama dengan CV yang kalian tulis sebagai lampiran. Coba rangkum pencapaian dan data kalian dengan singkat dan menggunakan kata-kata yang menarik.

2. Paragraf Pertama dan Terakhir

Perhatikan paragraf pertama dan terakhir pada surat lamaran kerja. pastikan bahwa paragraf awal tidak berbelit-belit dan langsung ke pokok bahasan. Paragraf awal harus jelas dan bersifat menjual. sementara di paragraf terakhir harus terlihat tegas dan meminta mereka menghubungi jika berkenan. Jangan buat paragraf terakhir yang mengambang, terlihat tak peduli atau terlalu berharap dengan cara yang buruk.

3. Bicarakan Perusahaan

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, lakukan dulu beberapa penelitian terkait perusahaan. Pihak perusahaan akan senang jika pelamar mengetahui banyak hal tentang merek. Namun jangan berbusa-busa, tetap jelas dan tunjukan bagaimana perusahaan tersebut mempunyai kesan yang baik dan dibidang apa yang cocok bagi pelamar untuk dapat berkontribusi.

4. Jangan Sebutkan Semua Kemampuan

Semua kemampuan dan keterampilan yang dimiliki pelamar tentunya sudah ada di CV yang dilampirkan. Untuk itu jangan repot-repot menyebutkan semua disurat lamaran pekerjaan. Sebutkan tiga atau maksimal lima saja kemampuan serta pengalaman yang dianggap terbaik dan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

5. Tunjukan Kepribadian

Pastikan surat lamaran kerja yang ditulis dapat mencerminkan betapa antusiasnya anda untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Jangan gunakan kalimat negatif dan gunakan kalimat kerja aktif yang dinamis.

6. Tanda Tangani Surat Lamaran Kerja

Kecuali penggunaan lembar lamaran kerja khusus dari perusahaan atau online, pastikan anda menandatangani surat lamaran kerja yang dikirim. Ini mungkin terdengar kuno, namun ini menunjukan keaslian dari anda melalui tangan.

7. Presentasi Surat

Meski isinya sangat menarik, namun jika surat lamaran kerja yang dibuat jelek, kotor, penuh dengan tip-ex dan salah ketik, maka nilai lamaran anda akan berkurang. Untuk itu, sebelum mengirimnya, cek ulang pada teman atau keluarga untuk membacanya dan mencari tahu kesalahannya sebelum dikirim.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Sebaiknya bila anda ingin mengirim surat lamaran kerja, diusahakan mengirimnya di hari senin, sehingga mendapatkan hasil yang optimal dan sukses.

Sumber: Direktorat Jenderal Binapenta [2016]. Kiat Sukses Meraih Kerja. Jakarta: Kementrian Ketenagakerjaan RI.

Memiliki kemampuan menulis Curriculum Vitae [CV] yang baik adalah hal penting yang harus dilakukan setelah lulus dari perguruan tinggi maupun sekolah menengah. Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah dengan membuat CV. Ini merupakan berkas penting yang akan digunakan HRD guna menilai apakah kamu merupakan kandidat yang layak untuk diterima bekerja di perusahaan yang diinginkan. Bukan lagi hal yang asing apabila setiap perusahaan pasti menginginkan para pelamar tersebut menuliskan CV yang dimiliki secara lengkap. Apabila kurang lengkap, dan banyak salahnya, berkas lamaran yang kamu ajukan nantinya hanya akan sia-sia belaka.

1. Tuliskan Data Pribadi Kamu Dengan Lengkap

Tuliskan identitas pribadi kamu secara lengkap, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, nomor ponsel, email dan lain sebagainya. Hal ini nantinya akan menjadi acuan bagi pihak HRD untuk mengirimkan balasan terkait hasil lamaran yang kamu ajukan.

2. Deskripsikan Diri Kamu Dengan Bahasa Yang Singkat, Padat dan Jelas

Kamu juga harus mendeskripsikan diri dengan baik di CV yang dikirimkan. Tapi kamu jangan membuat deskripsi yang terlalu panjang. Pihak HRD tak punya banyak waktu untuk membaca semua deskripsi yang kamu buat dengan bertele-tele. Tuliskan saja tiga atau empat kalimat ringkas yang menarik perhatian supaya nantinya pihak perusahaan akan memanggil kamu untuk interview dan ingin mengetahui banyak hal tentang kamu.

3. Tuliskan Pendidikan Terakhir dan Pelatihan-Pelatihan Yang Sudah Kamu Jalani

Tuliskan pula pendidikan formal terakhir yang kamu miliki. Ada beberapa perusahaan yang mempertimbangkan lembaga pendidikan yang sebelumnya dijalani oleh para pelamarnya. Hal ini juga memberikan nilai plus tersendiri bahwa kamu adalah orang yang kompeten di keahlian tertentu. Pasalnya, lembaga pendidikan yang bagus juga menentukan apakah kamu layak untuk bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

4. Tuliskan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Punya pengalaman kerja di sejumlah tempat sebelumnya menjadi hal penting yang juga harus kamu perhatikan. Pasalnya, pengalaman kerja tersebut menandakan bahwa kamu pernah bekerja di posisi yang sama sebelumnya. Ini juga akan menjadi bahan pertimbangan bagi para pemberi kerja untuk mengetahui sejauh mana pengalaman yang kamu miliki saat ini.

5. Cantumkan Skill Tambahan, Prestasi dan Keahlian Yang Kamu Miliki

Tentunya pihak perusahaan akan lebih mengutamakan mereka yang juga punya keahlian atau skill tambahan di bidangnya. Dengan mencantumkan skill tambahan tersebut, kamu telah menonjolkan diri kamu sebagai sosok yang multitalenta dan bisa diandalkan dalam berbagai hal. Alhasil, inilah yang nantinya akan menjadikan peluang diterima semakin meningkat. Sudah saatnya untuk membuat surat lamaran yang benar-benar terbaik dan membuat kamu diterima di perusahaan idaman dengan mudah.  Belajarlah membuat surat lamaran yang terbaik dari sekarang.

jelaskan 3 mantfaat dari pembuatan proposal​

iklan tentang jasa [apapun itu,d gambar]Nt.sendirian + gabud + sepi​

Anggun mengambil es batu dari kulkas bersuhu -5oC. Dia ingn mencairkan es batu tersebut sehingga menjadi air sampai bersuhu 5oC. Berapakah kalor yang … dibutuhkan oleh Anggun agar es nya menjadi air bersuhu 5oC, jika massa es batu tersebut 500 gr? bnatu jawab serta caraa hehe​.

1. Windows dan beberapa sistem operasi lainnya seperti Linux dan Mac cinta menggunakan sistem GUI atau disebut dengan A. Grafitasi antar mukaB. Grafic … acces mediaC. Grafis antar mukaD. Gratis antar muka2. Beberapa ikon pada desktop merupakan ikon Diva artinya ikon tersebut secara. Di sediakan oleh sistem operasi yang digunakanA. OtomatisB. On lineC. PaketD. Off line.

Di dalam teks laporan observasi ada yang di namakan deskripsi bagian dan depkripsi manfaat jelaskan apa perbedaan

Jelaskan keterkaitan antara pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan pentingnya penilaian model otentik?.

Elajar, dimana setiap individu memiliki karakteristiknya masing-masing. Jelaskan hubungan perbedaan individu dengan Pendidikan multicultural. Berikan … contoh. ​.

Cuplikan fabel yang watak tokohnya diketahui melalui penjelasan langsung pengarang adalah nomor. ​.

Topik perbaikan mental remaja kalimat latar belakang yang sesuai dengan topik tersebut adalah​.

Tema: Pengaruh Internet pada Intelektual Pelajar IndonesiaRumusan masalah yang tepat berdasarkan tema tersebut adalah​.

Video yang berhubungan

Nama pelamar 

Jenis kelamin pelamar 

Cita-cita pelamar 

Pendidikan pelamar 

Tempat tinggal pelamar 

Jawaban

Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang ditulis guna mendapatkan pekerjaan kepada orang/instansi yang membuka atau membutuhkan karyawan.  Pada surat lamaran pekerjaan terdapat beberapa unsur, yaitu: Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran Perihal dan lampiran Alamat surat Salam pembuka lsi surat, biasanya terdiri dari tujuan surat lamaran pekerjaan, identitas pelamar, daftar lampiran, dan penutup surat. Salam penutup Tanda tangan dan nama terang pelamar  Berdasarkan uraian tersebut,  hal yang tidak perlu dikemukakan dalam surat lamaran pekerjaan adalah cita-cita pelamar.  Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

Pembahasan

Baca Juga  Tuliskan rumus struktur dari 2-metil 2 butanol!