Ciri-ciri sulam pita antara lain menggunakan pita sebagai bahan utama menghasilkan efek-efek

 Erlin Sofiyanti, S.Pd. (IST)

RADARSEMARANG.ID, Ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi bentuk yang diulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Karya ini dapat berupa sulaman pita, tenunan, tulisan (misalnya batik), songket, ukiran atau pahatan pada kayu/batu. Ragam hias dapat distilisasi (stilir) sehingga bentuknya bervariasi.

Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk-bentuk flora, fauna, figuratif, dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dan tiga dimensi. Ragam hias flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, dan tenunan.

Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya.

Motif ragam hias banyak dijumpai di Jogjakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Motif ragam hias tersebut terdapat pada karya batik, ukiran, anyaman, dan tenun.

Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Dengan penggunaan media pada saat pembelajaran berlangsung, dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pada siswa di kelas. Karena pada hakikatnya media merupakan perantara atau alat untuk membantu memudahkan suatu penyampaian pesan. Penulis membuat sebuah media pembelajaran yang bernama gantungan tempat pensil, spidol, penghapus dalam pembelajaran seni budaya Ragam Hias dengan Teknik Sulaman Pita Pada Botol Plastik. Diharapkan dapat memberikan sarana edukasi bagi siswa dalam memahami materi pembelajaran yang terdapat pada kompetensi dasar pada mata pelajaran Keterampilan di kelas VII.

Baca juga:  Gerabah jadi Media Ciptakan Ragam Hias Cantik

Penulis lebih menitikberatkan pada motif ragam hias yang terpajang. Karena siswa SMP menyukai pajangan yang kekinian. Susunannya urut sama dengan cara membuat sulaman pita  yang dibentuk sesuai selera motif. Dengan desain layaknya foto polaroid, digantung dengan klip pada tali rami dari pelepah pisang untuk memberikan kesan alami.

Sulaman pita merupakan salah satu seni menyulam yang mempergunakan pita sebagai bahan sulamannya. Salah satu menghias kain dengan cara menjahit pita secara dekoratif ke atas benda yang akan dihias. Sehingga terbentuk suatu desain hiasan baru menggunakan berbagai macam tusuk.

Ragam hias dengan  teknik sulaman pita yang diterapkan pada botol merupakan kreativitas yang perlu dikembangkan guna meningkatkan ketrampilan yang mempunyai nilai seni dan harga jual. Sulaman pita merupakan salah satu bahan pita yang digunakan memiliki ukuran yang beragam. Jenis ini akhirnya dapat menghasilkan berbagai jenis variasi hiasan yang lebih kreatif.

Baca juga:  Ayo Mendasari Kondipos pada Usia Remaja Awal

Ciri-ciri sulaman pita antara lain menggunakan pita sebagai bahan utama, menghasilkan efek-efek tiga dimensi disebabkan ukuran pita yang lebih besar. Dan hasilnya lebih variatif sebab bahan pitanya lebih beragam. Pita yang umumnya digunakan ialah pita satin.

Ragam hias yang dibuat dari kreativitas sulaman pita diterapkan pada botol Aqua merupakan bentuk peduli kita terhadap limbah yang bisa dijadikan barang-barang bernilai tinggi. Karena selama ini dalam pembelajaran seni budaya kita hanya memperkenalkan kepada siswa bahwa penerapan ragam hias hanya pada bahan tekstil menggunakan teknik batik, sulaman dari benang sulam dan bordir. (mat2/lis)

Guru SMP Negeri 1 Wiradesa

Kreasi sulam pita
 bermacam macam tusuk sulam - Definisi Sulam PitaSulaman pita adalah salah satu teknik menghias kain dengan cara menjahitkan pita secara dekoratif ke atas benda yang akan dihias sehingga terbentuk suatu desain hiasan baru dengan menggunakan berbagai macam tusuk-tusuk hias.

Ciri-Ciri Sulaman PitaAdapun ciri-ciri sulaman pita adalah:*Menggunakan pita dengan berbagai jenis dan ukuran*Memberikan efek tiga dimensi pada benda lebih besar karena ukuran pita yang lebih besar*Hasil sulaman pita lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragamSedangkan sulaman benang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:*Menggunakan benang sulamuntukmenyulam*Memberikan efek tiga dimensi lebih kecil , karena benang sulam lebih kecil*Hasil sulaman benang lebih kecil dan berkesan lembutAlat dan Bahan untuk Menyulam PitaBeberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat sulaman pita adalah :*Jarum TanganAda beberapa jenis jarum yang bisa digunakan untuk membuat sulaman dengan pita yaitu :1. Jarum ChenilleJarum ini mempunyai ukuran besar dan lubang yang lebar. Digunakan untuk pita yang berukuran lebar2.Jarum TapestryJarum dengan ukuran besar dan ujung yang tumpul. Digunakan untuk bahan linen.3.Jarum Crewel/SharpJarum dengan ujung yang tajam dan halus, lubang yang lebar sampai kecil. Digunakan untukmembuat sulaman dengan benang yang bisa mempercantik sulaman pita.# GuntingGunting digunakan untuk menggunting benang dan pitapada saat menyulam.Ada berbagai macam ukuran gunting.

Untuk pekerjaan menyulam gunakan g

unting kecil.


# Tudung jari/Cincin jahitTudung jari gunanya untuk melindungi jari dari tusukanujung jarum pada saat menyulam dengan tangan.Bentuknya seperti tudung dengan bagian atas berlekuk untuk menahan ujung jarum.Tudung jari dikenakan pada jari tengah tangan kanan# PendedelPendedel atau pembuka jahitan digunakan untuk mendedel apabilaada hasil jahitan atau sulaman yang kurang bagus atau salah.Tetapi penggunaannya harus hati-hati karena bisa merusak hasil sulaman atau kain.# Karbon jahitKarbon jahit mengandung lilin berwarna dan tersediadalam beragam warna.Untuk bahan berwarna gunakan karbon berwarna putihatau kuning.# PemidanganPemidangan digunakan agar hasil sulaman bagus dantidak berkerut.Ukuran pemidangan ada yang besar dan ada yang kecil.Pilihlah pemidangan sesuai desain hiasan dan jenis kain.*PensilPensil digunakan untuk menjiplak desain hiasanke kain/bahan yang akan disulam.Bahan untuk membuat sulaman dengan pita yaitu :1. PitaPita mempunyai banyak warna, corak dan ukuran. Untuk menyulam pilihlah pita yang lembut namun cukup kuat untuk menembus kain dan tidak merusak pita maupun kainnya. Gunakan pita sesuai jenis desain yang akan dibuat.Jika ingin membuat bunga yang kecil gunakan pita dengan ukuran kecil. Untuk sulaman bunga besar maka gunakan pita dengan ukuran lebar.2. Benang SulamBenang sulam tidak terpisahkan dari kegiatan menyulam. Benang bisa melengkapi desain seperti untuk membuat tangkai, putik dan sebagainya.3. Jenis kain yang digunakan untuk menyulam harus dapat dilalui oleh jarum, benang dan pita. Pilihlah kain dengan serat yang tidak terlalu rapat agar dengan mudah jarum dapat melaluinya.Memindahkan RagamAda 2 cara untuk memindahkan desain hiasan :1. Menggambar secara langsung pada kain/benda yang akan dihias.Caranya ialah desain langsung digambar pada kain dengan menggunakan pensil jahit. Cara ini banyak digunakan pada kain yang mudah digambar seperti kain katun dan kain blacu.2. Menjiplak dengan menggunakan karbon jahit.

Caranya ialah dengan meletakkan karbon di antara kain dan desai

n hiasan, selanjutnya dijiplak dengan pensil. Cara ini banyak digunakan pada berbagai jenis kain.Teknik Sulaman PitaUntuk mulai menyulam terlebih dahulu siapkan pita secukupnya (cukup 20 cm sampai 30 cm) karena pita akan cepat menjadi kusut dan aus apabila menembus kain berulang-ulang.

Untuk mulai menyulam siapkan pita yang akan disulam se

suai langkah-langkah berikut ini :1. Guntinglah dari ujung guntingan pita kira-kira 0,5 cm2. Tariklah pita hingga jarum melewati pita tersebut3. Tariklah pita dengan tangan kiri sementara tangan yang lainnya menarik pita hingga terbentuk ikatan kecil pada pangkal jarum4. pada ujung pita sebaiknya disimpul mati sajatehnik 1tehnik 1tehnik 2tehnik 2tehnik 3tehnik 3tehnik 4tehnik 4tehnik 5tehnik 5tehnik 6tehnik 6Jika satu sulaman telah selesai dibuat atau pita kurang panjang, maka sulaman harus diakhiri. Bagaimana caranya? Cukup dengan menyimpul mati pita dengan rapat tetapi pita jangan ditarik terlalu kencang. Karena akan merubah bentuk sulaman yang terakhir kita buat.tehnik 8tehnik 8tehnik 7tehnik 7Cara memasang pemidangan adalah sebagai berikut :1. Longgarkan skrup pemidangan pada bagian luar2. Pisahkan bagian yang ada di bawah kain dengan yang ada di atas kain3. Letakkan bagian yang tidak berskrup pada bagian bawah kain dan bagian yang berskrup pada atas kain4. Masukkan kain pada pemidangan5. Tariklah kain hingga kencang dengan kedua tangan hingga siap untuk disulam6. Untuk membuka pemidangan, longgarkan skrup lalu tekan dari luar pemidangan bagian dalam dengan jempolUntuk mulai menyulam maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :1. Siapkan kain/benda yang akan disulam2. Gambar/jilaklah pola pada kain3. Pasang pemidangan dengan memastikan gambar desain adadi atas4. Siapkan pita dan benang lalu pasang pada jarum5. Sulamlah sesuai dengan desain. Usahakan gambar desaintertutup oleh pita agar hasil sulaman tersebut bersih dan rapiAda berbagai macam cara membuat tusuk untuk menyulam dengan pita, tetapi yang akan ditampilkan di sini hanya 6 macam tusuk.Beberapa tusuk sulaman yang biasa digunakan pada sulaman benang juga dapat dipakai untuk sulaman pita seperti tusuk tangkai, tusuk rantai, tusuk jelujur dan lain- lain.Dengan menggunakan jenis dan ukuran pita yang berbeda, satu tusuk dalam sulaman pita dapat menghasilkan beberapa macam jenis bunga.

Dengan menambahkan payet, manik-manik dan beberapa macam tusuk sulaman dengan benang sulam seperti untuk tangkai, daun, benang sari dan seb

againya akan menghasilkan desain bunga yang berbeda dan lebih indah.

MACAM–MACAM TUSUK HIAS DASAR [download]


menguasai macam-macam tusuk hias [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bermacam macam tusuk sulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sebutkan contoh barang termasuk kerajinan tangan!

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://zh-cn.facebook.com/notes/aneka-masakan-tips-trik/kreasi-sulam-pita/293441148145?comment_id=11281159