Posted on

Kepiting | khasiat kepiting

Kepiting adalah makanan laut yang kaya akan nutrisi.

Kepiting punya banyak jenis, ada yang bisa dimakan dan ada yang tidak bisa di makan (mengandung racun).

Habitat kepiting laut ada yang hidup di darat seperti kepiting pasir, ada yang tinggal di dasar laut atau di air.

Kenali bentuk, habitat, manfaatnya, kepiting laut dan sebagainya.

1. Bentuk atau Jenis
Bentuk kepitingnya bermacam-macam sesuai dengan jenis kepiting itu sendiri. Ada yang memanjang, melebar dan ada juga persegi panjang. Contoh salah satu jenis kepiting terlihat pada gambar di bawah ini (Jenis Kepiting Bakau).

Bagian luar kepiting atau kepiting sangat keras karena mengandung zat kapur.

Memiliki beberapa kaki di sisi kiri dan kanan dan menunjuk jari kaki. Kaki belakang melebar (di gunakan untuk berenang) tapi ada juga kepiting yang tidak memiliki kaki renang.

Di bagian depan di kiri dan kanan, ada gesper besar. Berfungsi untuk merobek makanan dan sebagai senjata melawan predator.

2. Habitat
Habitat kepiting adalah jenisnya. Seperti kepiting pasir, hidupnya di pantai berpasir pantai. Kepiting bakau, tinggal di dasar laut dan ditemukan di antara bakau berlumpur.

3. Regenerasi
Kepiting diregenerasi dengan bertelur. Selama telur kepiting belum menetas, induk kepiting menelurkan telur di bagian bawah tubuhnya. Jika ada beberapa bagian kaki atau cakar yang pecah, maka akan segera tumbuh dengan sendirinya. Kepiting tumbuh dengan mengubah kulit. Pada kulit kepiting baru masih empuk, karena tidak mengandung kapur. Kulit kepiting mulai mengeras sekitar 4-5 hari.

4. Nutrisi dan manfaatnya
Manfaat kepiting yang bisa dimakan seperti kepiting bakau dan rajungan kepiting. Kepiting memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, diantaranya:

5. Asam lemak omega-3
Kandungan asam lemak omega-3 dalam kepiting berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, meningkatkan fungsi sistem saraf dan kesehatan mata, meningkatkan kecerdasan otak, meningkatkan kekebalan tubuh.

* Lemak jenuh
Kandungan lemak jenuh sangat rendah, yaitu 0,2 gram / 100 gram.

* Tembaga Mineral
Berfungsi sebagai komponen enzim redoks, membantu pembentukan bintik merah, otot, saraf, tulang dan otak. Sehingga untuk mencegah penyakit tulang dan saraf.

* Seng mineral
Berfungsi sebagai komponen pembentukan sel darah merah, sistem kekebalan tubuh, mencegah pembesaran prostat dan mencegah rambut rontok.

*Selenium Mineral
Selenium adalah antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan sel akibat kanker yang menyebabkan radikal bebas dan penyakit jantung.

* Protein
Berguna sebagai pembentuk enzim, pembentukan organ dan sel otot, pembentukan hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, dan pembangun sistem kekebalan tubuh.

* Vitamin B 12

Berfungsi memperbaiki kesehatan saraf dan kulit, meningkatkan metabolisme asam amino dan asam lemak, menghasilkan sel darah merah.

Catatan sedikit :

PERLU DI GARIS BAWAHI BAHWA RAJUNGAN JUGA TERMASUK JENIS KEPITING, YAITU KEPITING RAJUNGAN. SAYA SEBAGAI NELAYAN BERUSAHA MELURUSKAN KEMBALI INFORMASI YANG BEREDAR DI INTERNET YANG TIDAK BENAR. RAJUNGAN EA KEPITING JUGA ITU, JENISNYA KEPITING RAJUNGAN. KALAU RAJUNGAN BUKAN KEPITING, TRUS KEPITING BATU APA NAMANYA, TRUS KEPITING LABA-LABA,KEPITING PASIR KEPITING PASIR LAUT TRUS KEPITING TONGKAT DAN SEBAGAINYA. 

Kepiting rajungan juga terbagi lagi jadi 4 jenis, yaitu kepiting rajungan mutiara,pakistan,batu dan bamboo Artikel mengenai kepiting rajungan di sini dan kalau mau lebih jelas bisa ikut saya melaut biar liat langsung jenis kepiting he he.

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 3]

Hits: 186

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.