Berikan dua contoh bentuk kewajiban di rumah di sekolah di masyarakat

Ilustrasi Orangtua Membaca dengan Anak. ©United Way of West Alabama

TRENDING | 3 November 2021 10:07 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Seringkali, kewajiban sebagai anak di rumah banyak tak dipahami hingga dipandang sebelah mata. Akibatnya, muncul hubungan antara anak dan orangtua yang kurang harmonis.

Sebenarnya, hak dan kewajiban sebagai anak di rumah perlu diketahui kedua pihak sejak dini. Butuh kesepakatan dan pemahaman untuk membangun hubungan keluarga yang senantiasa saling mengerti dan harmonis.

Sebagaimana kewajiban, anak pun juga perlu mendapatkan hak-haknya sebagai anak di rumah. Beberapa hak yang seharusnya dipenuhi oleh orangtua yakni berupa kasih sayang, perhatian, makanan yang sehat dan bergizi, perlindungan, hingga pendidikan yang baik untuk menjalani kehidupan.

Namun, hubungan harmonis di antara orangtua dan anak juga perlu adanya dukungan secara timbal balik. Anak senantiasa mendapatkan haknya dengan juga melakukan beberapa kewajiban sebagai anak di rumah.

Lantas, apa saja sebenarnya kewajiban sebagai anak di rumah yang perlu ditanamkan sejak dini oleh para orangtua tersebut? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (3/11/2021), berikut ulasan selengkapnya mengenai kewajiban sebagai anak di rumah.

2 dari 6 halaman

Kewajiban sebagai anak di rumah yang pertama adalah menghormati kedua orangtua. Orangtua merupakan pilar utama dari kehidupan anak-anaknya dan keluarga.

Sudah sepantasnya, anak-anak yang lahir dari setiap orangtua harus senantiasa menghormati. Salah satu caranya yakni dengan selalu membahagiakan kedua orangtua, menjunjung nama baik kedua orangtua, hingga berkata halus dan sopan saat berbicara dengan kedua orangtua.

©Shutterstock

2. Menghormati Keputusan dan Peraturan Keluarga

Kewajiban sebagai anak di rumah yang kedua adalah menghormati setiap peraturan yang telah dibuat oleh kedua orangtua. Sebagai anak, kita harus senantiasa wajib menghormati orangtua.

Orangtua yang telah memiliki lebih banyak pengalaman hidup pasti mempertimbangkan hal-hal tertentu sebelum membuat keputusan bagi keluarganya. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menghormati dan taat dengan keputusan yang telah dibuat oleh kedua orangtua.

Namun, sesekali orangtua juga perlu sudut pandang dari anak dalam mengambil keputusan bersama. Maka dari itu, komunikasi yang baik adalah kunci dari keharmonisan keluarga untuk membuat keputusan lebih berkualitas.

3 dari 6 halaman

Kewajiban sebagai anak di rumah yang selanjutnya adalah menjaga kebersihan rumah. Kebersihan rumah bukan hanya menjadi tanggung jawab orangtua saja, terlebih ibu.

Namun, kebersihan rumah merupakan tanggung jawab dari seluruh anggota keluarga, termasuk anak. Penting bagi setiap orangtua untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat pada anak sejak dini.

Hal ini dapat dimulai dengan memberikan tanggung jawab kebersihan terhadap ruangannya sendiri. Usahakan agar anak selalu menjaga serta mencintai kebersihan diri dan lingkungannya.

©Shutterstock

4. Membantu Pekerjaan Rumah

Kewajiban sebagai anak di rumah yang berikutnya adalah membantu pekerjaan rumah. Tak hanya menjaga kebersihan, pekerjaan rumah tangga pun juga merupakan tanggung jawab bersama.

Umumnya, semua pekerjaan rumah hanya menjadi tanggung jawab ibu saja. Namun, hal itu sebenarnya merupakan pemahaman yang cukup keliru.

Sebab, semua anggota keluarga termasuk anak seharusnya perlu dilatih untuk memegang sejumlah pekerjaan rumah tangga. Mulai beri tanggung jawab kepada anak dengan beberapa pekerjaan seperti meletakkan pakaiannya sendiri ke dalam lemari, membereskan meja, dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Kewajiban sebagai anak di rumah yang kelima adalah mendengarkan nasihat yang diberikan oleh kedua orangtua. Memang, terkadang sulit untuk mempertemukan pandangan antara orangtua dengan anak.

Hal ini tak lain disebabkan karena banyak faktor seperti pengalaman yang berbeda, lingkungan, dan lain sebagainya. Namun, alangkah baiknya bagi anak untuk senantiasa mendengarkan nasihat dan petuah dari orangtua.

Caranya, beri pengertian kepada anak untuk selalu mendengarkan nasihat dari orangtua. Namun, sesekali dengarkan pula setiap keluh kesahnya.

©mybank4.me

6. Menyayangi Keluarga

Kewajiban sebagai anak di rumah yang selanjutnya adalah menyayangi keluarga. Tanamkan kepada anak sejak dini bahwa semua anggota keluarga merupakan orang-orang terdekat yang selalu menyayangi dirinya.

Hal itu secara perlahan akan menumbuhkan kasih sayang di dalam dirinya untuk anggota keluarga. Caranya yaitu berikan kasih sayang dan perhatian yang tak berlebihan kepada anak di berbagai momen kehidupannya.

5 dari 6 halaman

Kewajiban sebagai anak di rumah yang berikutnya adalah belajar dengan giat. Salah satu tugas anak di dalam keluarga adalah menjunjung tinggi kehormatan orangtua.

Caranya yakni dengan menjadi pribadi yang bermartabat, cerdas, dan berintelektual tinggi. Tanamkan sejak dini kepada anak bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Jika perlu, selalu temani anak saat belajar dan beri kebutuhan belajarnya dengan layak. Misalnya, beri anak meja belajar dengan karakter kartun yang digemarinya hingga bacakan buku secara rutin sebelum anak tidur di malam hari.

©Pixabay/kim881231

8. Menjaga Nama Baik Keluarga

Kewajiban sebagai anak di rumah yang ke delapan adalah menjaga nama baik keluarga. Tanamkan sejak dini kepada anak bahwa keluarga adalah segalanya.

Kehormatan diri merupakan cerminan dari martabat keluarga. Maka dari itu, ajarkan kepada anak untuk senantiasa memiliki sopan santun dan etika saat berbicara maupun bertindak kepada orang lain.

6 dari 6 halaman

Kewajiban sebagai anak di rumah yang berikutnya adalah patuh terhadap orangtua. Namun, senantiasa beri batasan yang jelas mengenai kepatuhan terhadap orangtua tersebut.

Selalu beri ruang komunikasi yang luas dan terbuka bagi anak untuk selalu menyuarakan pendapatnya. Sebab, kepatuhan berlebih pada anak justru membuat anak cenderung tidak mampu mengekspresikan perasaan yang sedang dialaminya.

©2013 Merdeka.com/shutterstock.com/Pressmaster

10. Mengurus Orangtua

Terakhir, kewajiban sebagai anak di rumah adalah mengurus orangtua ketika telah lanjut usia dan mengalami masalah kesehatan. Seringkali, usia anak yang telah dewasa membuat mereka menyibukkan diri dengan pekerjaan.

Namun, penting bagi anak untuk senantiasa mengurus kedua orangtua sebagai wujud dari kasih sayang dan perhatian. Orangtua merupakan harta yang paling mewah bagi setiap keluarga.

Maka dari itu, cara berbakti kepada orangtua yang berusia lanjut adalah mengurus dan memenuhi setiap kebutuhannya.

(mdk/mta)

Hak dan kewajiban di sekolah, rumah dan masyarakat memang tidaklah sama, karena masing-masing tempat memiliki aturan dan sistem yang berlaku. Adapun seseorang harus bisa melakukan kewajibannya terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan hak yang bisa terima.

Hak adalah segala sesuatu yang bisa didapatkan oleh setiap individu sejak dia dilahirkan di dunia. Hak tersebut bisa berupa kepemilikan, kekuasaan, kewenangan atas suatu hal.

sedangkan……….

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan haknya secara layak.

Hak dan kewajiban ini harus dilakukan secara seimbang untuk menghindari ketimpangan, dan biasanya apabila terjadi pelanggaran hak ataupun kewajiban maka akan dikenakan sanksi atau hukuman sesuai aturan yang berlaku.

Berikut ini adalah contoh hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang anak, siswa/pelajar dan anggota masyarakat baik di rumah, di sekolah dan di lingkungan masyarakat.

Hak dan Kewajiban di Sekolah

pixabay.com

Setiap anak atau siswa di lingkungan sekolah memiliki hak dan kewajiban yang sama tanpa adanya perbedaan. Mereka harus bisa menjalankan hak dan kewajiban yang seimbang untuk bica mencapai tujuan pembelajaran yang di inginkan.

Adapun contoh hak dan kewajiban siswa atau pelajar di lingkungan sekolah seperti berikut ini :

1. Hak Siswa di Sekolah

  • Berhak untuk mendapatkan pembelajaran dari guru sekolah
  • Berhak untuk memakai semua fasilitas yang ada di lingkungan sekolah
  • Berhak untuk mendapatkan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi / kurang mampu
  • Berhak untuk mengikuti berbagai organisasi di sekolah
  • Berhak untuk mengikuti perlombaan yang di adakan sekolah
  • Berhak untuk tidak masuk apabila ada kepentingan mendesak
  • Berhak mendapatkan perlakuan yang adil di sekolah
  • Berhak mendapatkan toleransi dalam berbagai aspek
  • Berhak untuk memberikan saran yang sifatnya membangun
  • Berhak untuk izin pulang/istirahat di UKS apabila sakit di sekolah
  • Berhak memiliki banyak teman di sekolah

2. Kewajiban Siswa di Sekolah

  • Siswa wajib mentaati semua peraturan di sekolah
  • Siswa wajib menjaga nama baik sekolah
  • Siswa ikut bertanggung jawab untuk memelihara fasilitas sekolah
  • Siswa wajib menghormati dan mematuhi guru dan kepala sekolah
  • Siswa wajib memberikan keterangan yang jelas saat berhalangan hadir
  • Siswa wajib berpenampilan rapid an sopan
  • Siswa wajib mengikuti upacara bendera setiap hari senin
  • Siswa wajib mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah
  • Siswa wajib menjaga tingkah laku saat di sekolah
  • Siswa wajib mengerjakan tugas (PR) yang diberikan guru
  • Siswa wajib ikut bertanggung jawab terhadap keamanan, kebersihan dan ketertiban sekolah

Hak dan Kewajiban di Rumah

pixabay.com

Hak dan kewajiban anak di rumah sudah seharusnya ditanamkan sejak kecil untuk mengajarkan mereka betapa pentingnya arti tanggung jawab. Tidak hanya itu dengan menanamkan kewajiban anak sejak dini, secara tidak langsung kita turut melibatkan mereka terhadap hal-hal penting dalam keluarga.

Nah, berikut ini adalah contoh hak dan kewajiban anak di rumah yang bisa kita ajarkan kepada mereka sejak dini.

1. Hak Anak di Rumah

  • Anak berhak untuk mendapatkan cinta dan kasih sayang
  • Anak berhak untuk mendapatkan fasilitas pendidikan
  • Anak berhak untuk mendapatkan jaminan kesehatan
  • Anak berhak untuk bermain
  • Anak berhak untuk mendapatkan perhatian dari orang tua
  • Anak berhak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan
  • Anak berhak untuk mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi
  • Anak berhak untuk mendapatkan kesejahteraan hidup

2. Kewajiban Anak di Rumah

  • Anak wajib untuk menjaga kebersihan rumah
  • Anak wajib patuh terhadap perintah dan nasehat orang tua
  • Anak wajib mengerjakan pekerjaan rumah
  • Anak wajib membantu orang tua jika dibutuhkan
  • Harus saling menyayangi, menghormati dan menghargai setiap anggota keluarga
  • Harus selalu menjaga nama baik keluarga
  • Harus berbakti kepada kedua orang tua

Hak dan Kewajiban di Masyarakat

Sebagai warga Negara yang baik, hendaknya harus bisa menjalankan hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat agar terjalin hubungan yang selaras satu sama lain tanpa adanya kesenjangan sosial.

Adapun contoh hak dan kewajiban warga negara di lingkungan masyarakat, antara lain :

1. Hak Warga di Lingkungan Masyarakat

  • Berhak untuk mendapatkan pengakuan di masyarakat
  • Berhak untuk dihormati dan dihargai
  • Berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak
  • Berhak untuk mendapatkan perlindungan hukum
  • Berhak untuk ikut serta dalam pemilihan umum (pemilu)
  • Berhak mengutarakan pendapat
  • Berhak untuk mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat
  • Berhak untuk tidak dibeda-bedakan (ras, agama dan budaya)
  • Berhak untuk menggunakan fasilitas yang ada

2. Kewajiban Warga di Lingkungan Masyarakat

  • Wajib menghargai sesama warga masyarakat
  • Wajib menghargai pendapat orang lain
  • Wajib mentaati peraturan yang ada di masyarakat
  • Wajib membayar pajak yang diberlakukan
  • Wajib menghormati dan menghargai orang lain di lingkungan masyarakat
  • Wajib ikut menjaga kebersihan, keamanan dan kesejahteraan bersama
  • Wajib ikut gotong royong rutin yang di adakan oleh warga setempat

Jadi itulah beberapa contoh hak dan kewajiban anak atau siswa di lingkungan sekolah, rumah dan di masyarakat. Pada dasarnya hak dan kewajiban harus dijalankan secara seimbang dan sungguh-sungguh sehingga bisa memberikan dampak positif di lingkungan dimana kita berada.