Bagaimana cara mengusir lalat di kamar?

Jakarta, CNBC Indonesia - Kehadiran lalat di dalam rumah memang menjengkelkan. Apalagi, lalat yang hinggap di makanan dapat menyebarkan kuman yang bisa memicu beragam penyakit. Lalu, bagaimana supaya lalat minggat dari rumah?

Selain menggunakan obat anti serangga yang dijual di pasaran, ternyata ada lho cara alami yang ampuh untuk mengusir lalat. Berikut adalah lima cara alami mengusir lalat, seperti dikutip dari Wolipop.

1. Daun Pandan

Selain berguna untuk dijadikan salah satu bahan masakan, daun pandan juga dipercaya dapat mengusir lalat. Hal ini karena lalat tidak menyukai wangi yang dihasilkan dari daun pandan. Cara mengusir lalat dengan daun pandan sangat mudah. Anda hanya perlu mengiris daun pandan tersebut hingga halus dan lebih tercium aromanya. Letakkan daun pandan di wadah lalu taruh di tempat-tempat yang Anda inginkan untuk menghindari gangguan lalat.

2. Cengkeh

Cengkeh memiliki aroma yang cukup tajam dan tidak disukai oleh lalat. Oleh karena itu cara mengusir lalat yang satu ini cukup ampuh untuk kamu coba di siang hari ataupun di malam hari. Cara mengusir lalat ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam biji cengkeh secukupnya di semangkuk air lalu letakkan hasil rendaman tersebut di tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat.

3. Kulit jeruk

Lalat sangat membenci bau jeruk. Beberapa jenis buah jeruk yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengusir lalat adalah jeruk mandarin, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Untuk melakukannya, cukup letakkan kulit jeruk di tempat yang sering dihinggapi lalat. Atau, Anda juga bisa menusukkan jeruk dengan cengkeh untuk hasil yang lebih efektif. 

4. Lavender

Tanaman lavender ternyata tidak hanya dapat mengusir nyamuk, melainkan juga lalat. Aroma lavender tidak disukai lalat. Untuk mengusir lalat, Anda bisa menanam tanaman lavender atau menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di luar ataupun dalam rumah. Selain dapat menghilangkan lalat dan nyamuk, tanaman ini juga pastinya akan membuat halaman rumahmu terlihat lebih cantik.

5. Garam

Selain dapat digunakan untuk memasak, garam juga dapat digunakan untuk mengsurir lalat dengan cepat. Cara menghilangkan lalat dengan garam sangatlah mudah. Kamu cukup menaburkannya pada area yang sering dihinggapi lalat. Selain itu, semut juga ternyata bisa hilang dengan cara ini.

[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)

Surabaya -

Lalat kerap mengganggu kenyamanan rumah. Tak hanya itu, lalat juga diyakini sebagai salah satu pembawa sumber penyakit.

Sehingga semua orang berupaya agar makanan tidak dihinggapi lalat. Bisa dengan menutupnya, atau ditaruh di tempat yang tidak terjangkau oleh lalat.

Berikut Cara Mengusir Lalat dari Rumah:

1. Tanaman lavender

Lavender dikenal sebagai tanaman yang dapat mengusir serangga, termasuk lalat. Aroma lavender cukup ampuh dalam mengusir lalat.

Anda bisa meletakkan lavender di dekat meja makan bahkan di kamar. Lavender dikenal sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik, namun juga memiliki fungsi lain untuk mengusir lalat.

2. Perangkap buah

Perangkap cuka apel dapat mengusir lalat. Campurkan cuka apel bersama gula dan sabun cuci piring ke dalam mangkok. Kemudian letakkan di meja dan dekat dengan buah-buahan. Aroma cuka apel dan gula dapat menarik perhatian lalat dan terperangkap ke dalam mangkok.

3. Menggunakan garam

Selain untuk bumbu dapur, garam juga dapat mengusir lalat. Caranya sangat praktis, Anda tinggal menaburkan garam ke area yang rawan dihinggapi lalat seperti dapur, area tong sampah, dan meja makan.

Menaburkan garam tanpa campuran bahan lainnya sudah cukup ampuh.

4. Cahaya lilin

Lalat juga tertarik dengan nyala api. Anda bisa menyalakan lilin di wadah yang berisi sedikit air. Saat lalat mendekat ke arah api, ia akan terbakar kemudian tergelincir ke dalam air.

Cara ini dapat mengusir lalat buah yang suka menghampiri potongan buah-buahan segar.

5. Minyak aromaterapi

Lalat dikenal sebagai hewan yang tak suka aroma wewangian. Caranya cukup mudah hanya dengan mengisi botol dengan air.

Kemudian Anda tinggal menuangkan minyak aromaterapi dengan wangi cengkeh, serai, lavender, maupun peppermint. Tinggal tunggu lalat terperangkap ke dalam botol.

6. Timun

Tak hanya dikonsumsi sebagai lalapan, timun juga bisa mengusir lalat. Letakkan irisan timun di tempat yang sering didatangi lalat. Cara ini cukup mudah dan ampuh.

7. Daun pandan

Daun pandan juga mudah dijumpai dan ditanam di pekarangan rumah. Wanginya yang khas ternyata dapat mengusir lalat.

Anda bisa memotong daun pandan menjadi kecil-kecil. Masukkan ke dalam wadah dan letakkan di meja makan atau dapur.

8. Jahe

Bahan herbal yang satu ini juga efektif usir lalat. Anda dapat menggunakan jahe bubuk yang dicampur dengan air.

Aduk hingga rata dan masukkan ke dalam botol semprot. Tinggal semprot ke tempat-tempat yang dihinggapi lalat seperti dapur, dekat meja makan, dan area rawan lalat lainnya.

9. Bawang putih

Aroma bawang putih juga dapat mengusir lalat. Anda tinggal membuat baceman bawang putih.

Caranya dengan mengupas bawang lalu haluskan dengan blender atau uleg. Kemudian masukkan ke dalam toples kaca dan masukkan minyak agar terendam.

Pastikan toples bersih dan kering agar tak menjadi jamur nantinya. Diamkan selama 2 hari kemudian letakkan pada cawan. Aromanya makin kuat dan ampuh mengusir lalat.

Simak Video "Di Balik Fenomena Domba-domba Berputar 12 Hari Non Stop"
[Gambas:Video 20detik]
(sun/dte)

Kenapa banyak lalat di kamar tidur?

Penyebab rumah banyak lalat adalah karena umumnya spesies lalat tertarik pada hal-hal kotor yang berkaitan dengan sampah atau limbah. Melakukan pengelolaan limbah sampah yang baik dan benar di rumah Anda dapat mencegah rumah didatangi lalat di kemudian hari.

Gimana cara mengusir lalat di kamar?

Cara Mengusir Lalat.
Rajin bersihkan tempat sampah. ... .
2. Bersihkan kotoran hewan peliharaan. ... .
Pel lantai dengan cairan pencuci piring dan karbol. ... .
Membuat perangkap dari cuka apel. ... .
Menanam tanaman herbal. ... .
6. Pasang alat perangkap lalat. ... .
7. Semprot dengan insektisida..

Bau apa yang ditakuti lalat?

Lalat sangat membenci bau jeruk. Beberapa jenis buah jeruk yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengusir lalat adalah jeruk mandarin, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Untuk melakukannya, cukup letakkan kulit jeruk di tempat yang sering dihinggapi lalat.

Kenapa ada lalat di ruangan?

Lalat senang berada di tempat yang kotor, apalagi jika menimbulkan bau menyengat yang tidak sedap. Sehingga kalau ada tempat sampah di dalam rumah bisa jadi pemicu datangnya lalat. Apalagi jika sampahnya terbuka dan baunya menguar ke mana-mana, pasti akan ada banyak lalat yang hinggap.