Apa yg dimaksud dengan wawasan nusantara

Pembahasanadalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia menjamah diri dan lingkungannya dengan mengutamakan rasa persatuan dan kesatuan demi mencapai tujuan Nasional yang berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Secara harfiah kata wawasan berasal dari bahasa Jawa yaitu wawas yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi, ditambahkan akhiran (an) bermakna cara pandang. dari wawasan nusantara adalah untuk mewujudkan rasa cinta terhadap tanah air yang dinyatakan dalam tindakan dan perilaku masyarakat Indonesia yang mengutamakan kepentingan nasional daripada kepentingan pribadi.Yang dimaksud wadah dalam konsepsi wawasan nusantara adalah wilayah Indonesia beserta kekayaan alam yang berlimpah ruah serta keberagaman suku, ras, budaya, dan agamaCIta-cita dan tujuan nasional yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. Isi menyangkut dua hal: Pertama,perwujudan cita-cita bangsa sebagai kesepakatan bersama, pencapaian cita-cita dan tujuan nasional. Kedua, persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan yang meliputi semua aspek kehidupan nasional.c. Tata laku (Conduct)terdiri dari :1) Tata laku batiniah yaitu mencerminkan jiwa, semangat dan mentalitas yang balk dari bangsa Indonesia.2) Tata laku Iahiriah yaitu tercermin dalam tindakan, perbuatan dan perilaku dari bangsa Indonesia.Pelajari lebih lanjut1. Manfaat wawasan nusantara brainly.co.id/tugas/5920562--------------------------------------------Semoga membantu.Detil tambahanKelas:  9 SMPMapel:  PpknKategori: -Kata kunci: Wawasan nusantara, tujuan, fungsi, unsur WAWASAN Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Itu meliputi darat, laut dan udara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.Dalam hal ini, lebih mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan individu, kelompok, golongan, suku, atau daerah.Baca juga: Menguatkan Pendidikan Pancasila di SekolahBerikut merupakan beberapa makna wawasan nusantara bagi Bangsa Indonesia, di antaranya:Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Menurut Ketetapan MPR tahun 1999

Dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 mengenai wawasan nusantara, pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia. Ini terkait diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Baca juga: DPD RI Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

3. Menurut LEMHANAS

Menurut kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasiona pada tahun 1999. Pengertian wawasan nusantara, yaitu suatu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri, serta lingkungan yang beragam.

Serta, bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan, kesatuan bangsa dan juga kesatuan wilayah di dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat mencapai tujuan nasional.

4. Menurut W. Usman

Makna wawasan nusantara menurut W. Usman, sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan Tanah Air sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

Fungsi Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, motivasi, dorongan dan rambu-rambu dalam menentukan segala kebijakan dan tindakan penyelenggara negara. Baik di tingkat pusat maupun daerah. 

Khususnya, menjadi pedoman untuk seluruh rakyat Indonesia dalam bertindak di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tujuan wawasan nusantara adalah mewujudkan nasionalisme yang tinggi di segala aspek kehidupan rakyat.

Dari beberapa versi mengenai wawasan nusantara di atas, sebenarnya bisa diambil benang merahnya, yaitu wawasan nusantara menjadi cara pandang tentang Indonesia yang beragam dengan orientasi mempertahankan kesatuan untuk tujuan nasional.

(OL-11)
 


bendera Indonesia. fimela.com

Merdeka.com - Sebagai warga Indonesia, penting untuk mengenal dan memahami negara sendiri dari berbagai aspek. Untuk itu, mempelajari wawasan nusantara bisa menjadi cara kita mengenal Indonesia sekaligus bentuk cinta terhadap tanah air.

Pengertian wawasan nusantara sendiri adalah bagaimana cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Cara pandang wilayah dalam pengertian wawasan nusantara meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nasional ini selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa untuk mencapai tujuan dan cita-cita nasionalnya. Jadi, dengan mempelajari wawasan nusantara, diharapkan akan tumbuh jiwa nasionalisme pada setiap warga negara Indonesia.

Secara etimologis, pengertian wawasan nusantara berasal dari bahasa Jawa, yaitu Wawas, Nusa, dan Antara. Wawas memiliki arti yaitu Pandangan, Tinjauan, atau Penglihatan Indrawi. Kemudian kata Nusa memiliki arti pulau atau kesatuan kepulauan. Sedangkan, kata Antara berarti dua benua dan dua samudera.

Maka dari itu, pengertian wawasan nusantara secara umum dapat diartikan sebagai cara pandang atau cara melihat kesatuan kepulauan Indonesia yang terletak di antara (Asia dan Australia) juga dua samudera (Hindia dan Pasifik).

Dalam artikel kali ini, kami akan menyampaikan tentang pengertian wawasan nusantara dan juga tujuan serta fungsinya yang dilansir dari liputan6.com.

2 dari 5 halaman

Pengertian Wawasan Nusantara

Sebenarnya, ada beberapa pengertian wawasan nusantara. Salah satunya, pengertian wawasan nusantara menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, yang menyebutkan jika wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kemudian dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 mengenai wawasan nusantara, berbunyi:

"Pengertian wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional."

Sedangkan kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasional pada tahun 1999, menjelaskan bahwa pengertian wawasan nusantara adalah suatu cara pandang serta sikap bangsa indonesia mengenai diri serta lingkungan yang beragam serta bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan serta juga kesatuan bangsa dan juga kesatuan wilayah di dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat mencapai tujuan nasional.

3 dari 5 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara

Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut dijelaskan tujuan kemerdekaan Indonesia ialah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Tujuan Wawasan Nusantara Keluar

Tujuan wawasan nusantara Indonesia keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang makin mendunia maupun kehidupan dalam negeri. Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerja sama dan sikap saling hormat menghormati.

Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam maksudnya adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintegrasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan.

4 dari 5 halaman

Fungsi Wawasan Nusantara

Apabila mengacu pada pengertian wawasan nusantara, maka fungsi utama dari wawasan nusantara adalah sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam bernegara.

Terdapat empat kategori dari fungsi wawasan nusantara, yaitu:

  • Sebagai Wawasan Pembangunan. Ada beberapa unsur di dalamnya, seperti sosial politik, kesatuan politik, pertahanan serta keamanan negara, ekonomi, dan sosial ekonomi.
  • Sebagai Konsep Ketahanan Nasional. Yaitu sebagai konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting di dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, serta pertahanan keamanan nasional.
  • Sebagai Wawasan Pertahanan dan Keamanan. Maksudnya, fungsi sebagai pertahanan serta keamanan nasional yaitu mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan tersebut mencakup tanah air serta segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Sebagai Wawasan Kewilayahan. Terakhir, sebagai wawasan kewilayahan Indonesia, termasuk di dalamnya pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar dapat terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain.

5 dari 5 halaman

Asas Wawasan Nusantara

©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Ada 6 asas wawasan nusantara yang perlu dipahami, yaitu:

  1. Tujuan dan Kepentingan yang Sama. Masyarakat Indonesia hendaknya mempunyai tujuan serta kepentingan yang sama.
  2. Keadilan. Seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan keadilan dalam segala macam aspek kehidupan bernegara, baik keadilan secara hukum, ekonomi, politik, serta sosial.
  3. Kejujuran. Kejujuran dalam berpikir serta bertindak menjadi sebuah asas wawasan nusantara yang sangat penting.
  4. Solidaritas. Adanya sikap solidaritas menjadi sebuah bentuk kepedulian terhadap orang lain, mau untuk berbagi serta berkorban demi kepentingan yang lebih baik dan besar.
  5. Kerja Sama. Dengan adanya kesadaran akan tujuan serta kepentingan yang sama, maka dapat menimbulkan kerjasama serta koordinasi antar elemen masyarakat.
  6. Kesetiaan. Kesetiaan ini bisa diwujudkan dengan melaksanakan segala macam kegiatan sesuai aturan dengan tujuan tujuan demi kemajuan bangsa dan negara.

[ank]