Apa arti dari asmaul husna al muqaddim

TRIBUNPEKANBARU.COM - Berikut Asmaul Husna Al Muqaddim, artinya dan juga dalilnya dalam Al Quran.

Al Muqaddim adalah satu diantara 99 Asmaul Husna atau nama-nama Allah yang baik lagi indah.

Berikut ini dijelaskan apa arti Asmaul Husna Al Muqaddim.

Asmaul Husna Al Muqaddim artinya Yang Maha Mendahulukan.

Makna dari Asmaul Husna Al Muqaddim ini adalah Allah SWT adalah yang mendahulukan hamba-hamba sesuai kehendak-Nya.

Allah mendahulukan hamba-Nya dalam berbagai hal.

Asmaul Husna Al Muqaddim ini disebutkan dalam Al Quran, diantaranya Surah An Nahl ayat 61:

"Walau yu`akhizullahun-nasa biẓulmihim ma taraka 'alaiha min dabbatiw wa lakiy yu`akhkhiruhum ila ajalim musamma, fa iza ja`a ajaluhum la yasta`khirụna sa'ataw wa la yastaqdimụn"

Artinya:

“Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di bumi) dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun.” (QS. An Nahl: 61)

Allah SWT memiliki nama yang baik lagi mulia yang disebut dengan Asmaul Husna.

Nama-nama Allah ini berjumlah 99.

Berikut ini arti nama-nama Allah atau Asmaul Husna lengkap sebanyak 99: 

Ar Rahman
Artinya: Yang Maha Pengasih

الْمُقَدِّمُ

(Yang Maha Mendahulukan)

Yang Mendahulukan, Yang Mendorong, Yang menempatkan segala sesuatu di tempat yang benar.

Allah adalah Al-Muqaddim, Dia yang mendorong atau memajukan sesuatu. Termasuk mendorong hamba-hambanya ke level yang lebih tinggi dengan memberikan hadiah kekayaan.

Makna Al Muqaddim Dalam Al Qur’an & Hadits

Akar kata q-d-m dalam bahasa Arab Klasik diartikan sebagai: mendahului, datang di depan mengepalai, memimpin menawarkan, memajukan mengutamakan untuk menempatkan di depan memajukan, untuk mendorong Yang ada tanpa ada awalannya

Ali RA menceritakan bahwa ketika Rasulullah (saw) berdoa, hal terakhir yang dia katakan antara tashahud dan tasliim adalah, “Ya Allah, ampunilah dosaku di masa lalu dan masa depan,baik apa yang bersifat pribadi maupun yang di depan umum, dan atas apa yang telah saya sia-siakan. Engkau lebih tahu tentang semuanya daripada aku. Engkaulah sang pendorong dan Penghambat. Tidak ada Tuhan selain Engkau.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim.)

Dan kalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ada yang ditinggalkan-Nya (di bumi) dari makhluk yang melata sekalipun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai waktu yang sudah ditentukan. Maka apabila ajalnya tiba, mereka tidak dapat meminta penundaan atau percepatan sesaat pun. (Surat-Nahl Ayat 61)

Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. (Surat Az-Zukhruf Ayat 32)

Inilah doa Nabi Muhammad (ﷺ) harus dibacakan pada saat-saat kritis, pada saat di mana tidak ada lagi harapan dan Anda merasa diremehkan dan tidak dianggap.

Makna Dzikir – hasbunal laahu wa ni’malwakeel

ZONABANTEN.com - Agar manusia mampu mengenal siapa Tuhannya, Allah SWT menurunkan 99 nama-nama baik-Nya yang disebut Asmaul Husna.

Asmaul Husna adalah pengenalan sifat-sifat-Nya dalam bahasa kemanusiaan dan tersebar dalam ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Ada 99 nama di dalam Asmaul Husna yang menyimpan rahmat bagi setiap insan yang mendambakan ridho Allah SWT.

Seluruh nama-nama yang terkandung dalam Asmaul Husna mengandung keutamaan dan arti tertentu. Salah satunya adalah arti Asmaul Husna Al Muakhir, Al Muqtadir, Al Muqaddim.

Berikut adalah arti Asmaul Husna Al Muakhir, Al Muqtadir, Al Muqaddim :

 Baca Juga: Ulang Tahun, Nagita Slavina Ketahuan Beri 'Kado Mewah' untuk Karyawan

1. Al Muakhir

Artinya Maha Mengakhirkan

Al Muakhir artinya Allah mengakhirkan siapa pun yang dikehendaki-Nya. Sehingga segala sesuatu tepat di urutannya. Termasuk mengakhirkan satu kejadian atau perbuatan dari yang lainnya.

2. Al Muqtadir

Asmaul Husna Al Muqaddim artinya Yang Maha Mendahulukan, Yang Mendorong, yang menempatkan segala sesuatu di tempat yang benar. Allah Azza Wa Jalla adalah Tuhan yang memajukan sesuatu, atau mendorong hamba-Nya menuju level yang lebih tinggi.

Asmaul husna ke-71 ini juga menyiratkan bahwa Allah SWT adalah satu-satunya yang dapat mengubah hidup manusia menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Sumber: Twitter.com/Risalah Muslim

Mengutip dari myislam.org, asmaul husna Al Muqaddim berasal dari akar kata q-d-m atau dalam bahasa arab klasik diartikan sebagai mendahului, menawarkan, memajukan, mengutamakan untuk menempatkan di depan. 

Dengan sifat Al Muqaddim yang dimiliki Allah, Dia dapat mendahului apapun, mengubah keadaan dengan membuatnya lebih cepat berubah. Seperti mendahulukan sesuatu atas sesuatu yang lainnya. Sesuatu yang pantas didahulukan, Allah dahulukan. Dia mendahulukan berdasarkan hikmah yang diketahuiNya, berdasarkan keadilan yang Allah ketahui dan berdasarkan pengetahuan yang ada pada Allah Azza Wa Jalla. 

Artikel terkait: Cara Mengimani Asmaul Husna Al Mughni Artinya Yang Maha Pemberi Kekayaan

Dalil Tentang Asmaul Husna Al Muqaddim

Ayat Al Quran yang membahas tentang Al Muqaddim artinya Yang Maha Mendahulukan ini ada dalam hadits dan beberapa surah Al Quran, yaitu: 

  • Hadits Imam Muslim

Ali RA menceritakan bahwa ketika Rasulullah (saw) berdoa, hal terakhir yang dia katakan antara tashahud dan tasliim adalah,

“Ya Allah, ampunilah dosaku di masa lalu dan masa depan, baik apa yang bersifat pribadi maupun yang di depan umum, dan atas apa yang telah saya sia-siakan. Engkau lebih tahu tentang semuanya daripada aku. Engkaulah sang pendorong dan Penghambat. Tidak ada Tuhan selain Engkau.” (Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

  • Surah An-Nahl Ayat 61

وَلَوْ يُؤَاخِذُ ٱللَّهُ ٱلنَّاسَ بِظُلْمِهِم مَّا تَرَكَ عَلَيْهَا مِن دَآبَّةٍ وَلَٰكِن يُؤَخِّرُهُمْ إِلَىٰٓ أَجَلٍ مُّسَمًّى ۖ فَإِذَا جَآءَ أَجَلُهُمْ لَا يَسْتَـْٔخِرُونَ سَاعَةً ۖ وَلَا يَسْتَقْدِمُونَ

Artinya: Jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan.

Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaat pun dan tidak (pula) mendahulukannya.

  • Dalil Asmaul Husna Al Muqaddim dalam Surah Az-Zukhruf ayat 23

وَكَذَٰلِكَ مَآ أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ فِى قَرْيَةٍ مِّن نَّذِيرٍ إِلَّا قَالَ مُتْرَفُوهَآ إِنَّا وَجَدْنَآ ءَابَآءَنَا عَلَىٰٓ أُمَّةٍ وَإِنَّا عَلَىٰٓ ءَاثَٰرِهِم مُّقْتَدُونَ

Artinya: Dan demikianlah, Kami tidak mengutus sebelum kamu seorang pemberi peringatan pun dalam suatu negeri, melainkan orang-orang yang hidup mewah di negeri itu berkata “Sesungguhnya kami mendapati bapak-bapak kami menganut suatu agama dan sesungguhnya kami adalah pengikut jejak-jejak mereka”

Artikel terkait: Meyakini Asmaul Husna Ar Rahim yang Artinya Yang Maha Penyayang

Meyakini dan Beriman Pada Asmaul Husna Al Muqaddim Dalam Kehidupan

Meyakini dan beriman pada Al Muqaddim artinya Yang Maha Mendahulukan, berarti kita meyakini bahwa Allah Azza Wa Jalla mengedepankan apa dan siapapun yang Dia kehendaki. Baik itu keinginan dan kebutuhan makhlukNya.

Dari asmaul husna ini Allah berkenan untuk mendahulukan hambaNya yang shalih. Mereka juga dijaminkan rezeki, dikuatkan iman dan islamnya di dunia dan di akhirat. Sebaliknya, hambaNya yang durhaka tidak akan diperhatikan atau didahulukan kebutuhannya. 

Salah satu cara mengimani asmaul husna Al Muqaddim adalah dengan beramal shalih dan mendahulukan perintah Allah. Ketika kita mengutamakan untuk beribadah pada Allah, Allah juga akan mengutamakan dan mendahulukan kebutuhan dan keinginan kita. 

Manfaat Berdzikir Asmaul Husna Al Muqaddim

Mengimani asmaul husna Al Muqaddim juga dapat dilakukan dengan berdzikir. Terlebih, Allah menyukai hamba-hambaNya yang sering berdzikir padaNya.

Berdzikir asmaul husna Al Muqaddim setiap hari akan dijauhkan dari kesulitan dan dilapangkan dadanya. Jiwanya tidak gentar untuk menyuarakan kebenaran, dan dikuatkan Iman Islamnya. Allah juga akan membimbing dalam setiap langkah kakinya. Wallahu A’lam.

Akhirnya, marilah kita berdoa agar dikuatkan keistiqomahan kita, “Ya Allah, ampunilah aku menyangkut dengan apa yang kudahulukan dan yang kubelakangkan, apa yang aku kerjakan dari dosa dan apa yang aku abaikan dari kewajiban. Ampunilah aku menyangkut dengan apa yang kurahasikan dari pelanggaran dan apa yang aku nyatakan dari kebaikan yang disertai riya’. Engkau Yang Maha Mendahulukan dan Maha Mengakhirkan, lagi Engkau Maha Kuasa dari segala sesuatu”.

Itulah penjelasan tentang asmaul husna Al Muqaddim dan artinya. Yuk, diamalkan setiap harinya. 

Baca juga: 

99 Asmaul Husna Beserta Artinya Ini Perlu Diajarkan pada Buah Hati

Asmaul Husna Al Hayyu Artinya Yang Maha Hidup, Ini Dalil dan Keutamaannya

Asmaul Husna Al Baqi Artinya Yang Maha Kekal Abadi: Inilah Dalil dan Kisah Teladannya

Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan dapatkan jawabannya dari sesama Parents dan juga expert di app theAsianparent! Tersedia di iOS dan Android.

Asmaul Husna Al Muqaddim yang ke berapa?

Manusia berkuasa atas izin Allah Swt. Al-Muqtadir adalah asmaulhusna urutan yang ke-70. Terjemahnya : “Mereka mendustakan mukjizat-mukjizat Kami semuanya, maka Kami azab mereka dengan azab dari Yang Maha Perkasa, Mahakuasa.” Al-Muqaddim artinya maha terdahulu atau maha mendahulukan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Asmaul Husna Al Muqaddim brainly?

Asmaul Husna berjumlah 99 nama yang menggambarkan sifat-sifat Allah SWT , salah satunya yaitu Al Muqaddim. Secara bahasa, Al Muqaddim artinya mendahulukan atau keberadaan di depan. Jadi, Allah Al Muqaddim artinya Allah mendahulukan apa dan siapapun yang dikehendaki-Nya.

Bagaimana cara mengakui Asmaul Husna Al Muqaddim dalam kehidupan sehari hari?

selalu mendahulukan diri dalam kebaikan,tidak mengerjakan sesuatu yang sia sia,tidak menunda pekerjaan.